PLOTING DAN BATASAN MATERI IPA SMP
TAHUN PELAJARAN 2012/2013
TES
TERSTANDAR
|
MAPEL
IPA
|
KELAS
|
CAKUPAN MATERI
|
MID
SEMESTER
1
|
FISIKA
|
VII
|
1. Mendeskripsikan besaran pokok dan besaran
turunan beserta satuannya.
2. Mendeskripsikan
pengertian suhu dan pengukurannya.
3. Melakukan pengukuran dasar secara teliti
dengan menggunakan alat ukur yang sesuai dan sering digunakan dalam kehidupan
sehari-hari
4. Menjelaskan nama unsur dan rumus kimia
sederhana.
5. membandingkan
sifat unsur, senyawa, dan campuran
|
BIOLOGI
|
VII
|
1. Mengelompokkan
sifat larutan asam, larutan basa, dan larutan garam melalui alat dan
indikator yang tepat.
2. Melakukan
percobaan sederhana dengan bahan-bahan yang diperoleh dalam kehidupan
sehari-hari.
3. Melaksanakan pengamatan objek secara terencana
dan sistematis untuk memperoleh informasi gejala alam biotik dan abiotik.
4.
Menggunakan
mikroskop dan peralatan pendukung lainnya untuk mengamati gejala-gejala
kehidupan.
5. Menerapkan
keselamatan kerja dalam melakukan pengamatan gejala-gejala alam.
|
|
SEMESTER 1
|
FISIKA
|
VII
|
1. Mendeskripsikan besaran pokok dan besaran
turunan beserta satuannya.
2. Mendeskripsikan
pengertian suhu dan pengukurannya.
3. Melakukan pengukuran dasar secara teliti
dengan menggunakan alat ukur yang sesuai dan sering digunakan dalam kehidupan
sehari-hari
4.
Menjelaskan
nama unsur dan rumus kimia sederhana.
5.
membandingkan sifat unsur, senyawa, dan
campuran.
6. Menyelidiki sifat-sifat zat berdasarkan
wujudnya dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
7. Mendeskrispsikan konsep massa jenis dalam
kehidupan sehari-hari.
8. Melakukan
percobaan yang berkaitan
dengan pemuaian dalam kehidupan sehari-hari.
|
BIOLOGI
|
VII
|
1. Mengelompokkan
sifat larutan asam, larutan basa, dan larutan garam melalui alat dan
indikator yang tepat.
2. Melakukan percobaan sederhana dengan
bahan-bahan yang diperoleh dalam kehidupan sehari-hari.
3. Melaksanakan
pengamatan objek secara terencana dan sistematis untuk memperoleh informasi
gejala alam biotik dan abiotik.
4. Menggunakan mikroskop dan peralatan
pendukung lainnya untuk mengamati gejala-gejala kehidupan.
5. Menerapkan keselamatan kerja dalam
melakukan pengamatan gejala-gejala alam.
6. Menerapkan keselamatan kerja dalam
melakukan pengamatan gejala-gejala alam.
7. Mengindentifikasi ciri-ciri makhluk
hidup.
8. Mengklasifikasikan makhluk hidup
berdasarkan ciri-ciri yang dimiliki.
|
|
MID
SEMESTER
II
|
FISIKA
|
VII
|
1. Mendeskripsikan
peran kalor dalam mengubah wujud zat dan suhu suatu benda serta penerapannya
dalam kehidupan sehari-hari.
2.
Membandingkan
sifat fisika dan sifat kimia zat.
3.
Melakukan
pemisahan campuran dengan berbagi cara berdasarkan sifat fisika dan sifat
kimia.
4.
Menyimpulkan
perubahan fisika dan kimia berdasarkan
hasil percobaan sederhana.
5.
Mengindentifikasi
terjadinya reaksi kimia melaui percobaan sederhana.
|
BIOLOGI
|
VII
|
1. Mendeskripsikan keragaman pada sistem organisasi kehidupan mulai dari
tingkat sel sampai organisme.
2. Menentukan ekosistem dan saling
hubungan antara komponen ekosistem.
3. Mengindentifi-kasikan
pentingnya keanekaragaman makhluk hidup dalam pelestarian ekosistem.
|
|
SEMESTER II
|
FISIKA
|
VII
|
1. Mendeskripsikan peran kalor dalam
mengubah wujud zat dan suhu suatu benda serta penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari.
2. Membandingkan sifat fisika dan sifat
kimia zat.
3. Melakukan pemisahan campuran dengan
berbagi cara berdasarkan sifat fisika dan sifat kimia.
4. Menyimpulkan perubahan fisika dan kimia berdasarkan hasil
percobaan sederhana.
5. Mengindentifikasi terjadinya reaksi
kimia melaui percobaan sederhana.
6. Menganalisis data percobaan gerak lurus
beraturan dan gerak lurus berubah beraturan
serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
|
BIOLOGI
|
VII
|
1. Mendeskripsikan keragaman pada sistem organisasi
kehidupan mulai dari tingkat sel sampai organisme.
2. Menentukan ekosistem dan saling hubungan antara komponen
ekosistem.
3. Mengindentifi-kasikan
pentingnya keanekaragaman makhluk hidup dalam pelestarian ekosistem.
4. Memprediksi pengaruh kepadatan populasi manusia terhadap lingkungan.
5. Mengaplikasikan peran
manusia dalam pengelolaan lingkungan untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan
lingkungan.
|
PLOTING DAN BATASAN MATERI
IPA SMP
TAHUN PELAJARAN 2012/2013
TES
TERSTANDAR
|
MAPEL
IPA
|
KELAS
|
CAKUPAN MATERI
|
MID
SEMESTER 1
|
FISIKA
|
VIII
|
1. Menjelaskan konsep
atom, ion, dan molekul.
2. Menghubungkan konsep atom, ion, dan molekul dengan produk kimia
sehari-hari.
3.
Membandingkan molekul unsur dan
molekul senyawa.
4. Mengidentifikasi jenis-jenis gaya, penjumlahan gaya dan
pengaruhnya pada suatu benda yang dikenai gaya.
5. Menerapkan hukum Newton untuk menjelaskan berbagai
peristiwa dalam kehidupan sehari-hari
6. Menjelaskan hubungan bentuk energi dan perubahannya,
prinsip “usaha dan energi” serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
|
BIOLOGI
|
VIII
|
1. Menganalisis
pentingnya pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup
2.Mendeskripsikan tahapan perkembangan
manusia.
3. Mendeskripsikan sistem gerak pada
manusia dan hubungannya dengan kesehatan.
4. Mendeskripsikan sistem pencernaan pada
manusia dan dan hubungannya dengan kesehatan.
|
|
SEMESTER 1
|
FISIKA
|
VIII
|
1. Menjelaskan konsep
atom, ion, dan molekul.
2. Menghubungkan konsep atom, ion, dan molekul dengan produk kimia
sehari-hari.
3.
Membandingkan molekul unsur dan
molekul senyawa.
4. Mengidentifikasi jenis-jenis gaya, penjumlahan gaya dan
pengaruhnya pada suatu benda yang dikenai gaya.
5. Menerapkan hukum Newton untuk menjelaskan berbagai
peristiwa dalam kehidupan sehari-hari
6. Menjelaskan hubungan bentuk energi dan perubahannya,
prinsip “usaha dan energi” serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
7. Melakukan percobaan tentang pesawat sederhana dan
penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
8. Menyelidiki tekanan pada benda padat, cair, dan gas serta
penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
|
BIOLOGI
|
VIII
|
1.
Menganalisis
pentingnya pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup
2. Mendeskripsikan
tahapan perkembangan manusia.
3.
Mendeskripsikan
sistem gerak pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan.
4. Mendeskripsikan sistem pencernaan pada
manusia dan dan hubungannya dengan kesehatan.
5. Mendeskripsikan sistem pernapasan
pada manusia dan hubungan nya dengan
kesehatan.
6. Mendeskripsikan
sistem peredaran darah pada manusia
dan hubungan nya dengan kesehatan.
|
|
MID
SEMESTER II
|
FISIKA
|
VIII
|
1. Mendeskripsi-kan konsep getaran dan gelombang serta
parameter-parameternya.
2. Mendeskripsi-kan konsep bunyi dalam kehidupan sehari-hari.
|
BIOLOGI
|
VIII
|
1. Mengidentifikasi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan.
2. Mendeskripsikan proses perolehan nutrisi
dan transformasi energi pada tumbuhan hijau.
3.
Mengidentifikasi macam-macam gerak pada tumbuhan.
4. Mengidentifikasi hama dan penyakit pada
organ tumbuhan yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari.
|
|
SEMESTER II
|
FISIKA
|
VIII
|
1. Mendeskripsi-kan konsep getaran dan gelombang serta
parameter-parameternya.
2. Mendeskripsi-kan konsep bunyi dalam kehidupan sehari-hari.
3. Menyelidiki sifat-sifat cahaya dan hubungannya dengan
berbagai bentuk cermin dan lensa.
4.
Mendeskripsi-kan alat-alat optik dan penerapannya dalam
kehidupan sehari-hari.
|
BIOLOGI
|
VIII
|
1. Mengidentifikasi struktur dan fungsi
jaringan tumbuhan.
2. Mendeskripsikan proses perolehan nutrisi
dan transformasi energi pada tumbuhan hijau.
3.
Mengidentifikasi macam-macam gerak pada tumbuhan.
4. Mengidentifikasi hama dan penyakit pada
organ tumbuhan yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari.
5. Mencari informasi tentang
kegunaan dan efek samping bahan kimia dalam kehidupan sehari-hari.
6. Mengkomunikasi-kan informasi tentang kegunaan dan efek
samping bahan kimia.
7. Mendeskripsikan bahan kimia alami dan bahan
kimia buatan dalam kemasan yang terdapat dalam bahan makanan.
8. Mendeskripsikan sifat/pengaruh zat adiktif
dan psikotropika.
9. Menghindarkan diri dari pengaruh
zat adiktif dan psikotropika
|
PLOTING DAN BATASAN MATERI
IPA SMP
TAHUN PELAJARAN 2012/2013
TES
TERSTANDAR
|
MAPEL
IPA
|
KELAS
|
CAKUPAN MATERI
|
MID SEMESTER 1
|
FISIKA
|
IX
|
1. Mendeskripsi-kan muatan listrik untuk
memahami gejala-gejala listrik statis serta kaitannya dalam kehidupan
sehari-hari.
2. Menganalisis percobaan listrik dinamis
dalam suatu rangkaian serta
penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
|
BIOLOGI
|
IX
|
1. Mendeskripsikan sistem ekskresi pada manusia dan hubungannya dengan
kesehatan.
2.
Mendeskripsikan sistem reproduksi dan penyakit yang berhubungan dengan
sistem reproduksi pada manusia.
3.
Mendeskripsikan sistem koordinasi dan alat indera pada manusia dan
hubungannya dengan kesehatan.
|
|
SEMESTER 1
|
FISIKA
|
IX
|
1. Mendeskripsi-kan muatan listrik untuk
memahami gejala-gejala listrik statis serta kaitannya dalam kehidupan
sehari-hari.
2. Menganalisis percobaan listrik dinamis
dalam suatu rangkaian serta
penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
3. Mendeskripsi-kan prinsip kerja elemen
dan arus listrik yang ditimbulkannya serta penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari.
4. Mendeskripsi-kan hubungan energi dan
daya listrik serta pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari.
5. Menyelidiki gejala
kemagnetan dan cara membuat magnet.
6. Mendeskripsikan pemanfaatan kemagnetan dalam produk teknologi.
7. Menerapkan konsep induksi elektromagnetik untuk menjelaskan prinsip kerja
beberapa alat yang memanfaatkan prinsip induksi elektromagnetik
|
SEMESTER 1
|
BIOLOGI
|
IX
|
1. Mendeskripsikan sistem ekskresi pada manusia dan hubungannya dengan
kesehatan.
2.
Mendeskripsikan sistem reproduksi dan penyakit yang berhubungan dengan
sistem reproduksi pada manusia.
3.
Mendeskripsikan sistem koordinasi dan alat indera pada manusia dan
hubungannya dengan kesehatan.
4. Mengidentifikasi kelangsungan hidup makhluk hidup melalui adaptasi,
seleski alam, dan perkembangbiakan.
|
MID SEMESTER II
|
FISIKA
|
IX
|
1. Mendeskripsikan karakteristik sistem tata surya.
2. Mendeskripsikan matahari sebagai
bintang dan bumi sebagai salah satu planet.
3. Mendeskripsikan gerak edar
bumi, bulan, dan satelit buatan serta pengaruh interaksinya.
4. Mendeskripsikan
proses-proses khusus yang terjadi di lapisan lithosfer dan atmosfer yang
terkait dengan perubahan zat dan kalor.
5. Menjelaskan hubungan
antara proses yang terjadi di lapisan lithosfer dan atmosfer dengan kesehatan
dan permasalahan lingkungan.
6. Materi SKL UN
2013
|
BIOLOGI
|
IX
|
1.
Mendeskripsikan konsep pewarisan sifat pada makhluk hidup.
2.
Mendeskripsikan proses pewarisan dan hasil pewarisan sifat beserta
penerapannya.
3. Mendeskripsikan penerapan
bioteknologi dalam mendukung kelangsungan hidup manusia melalui produksi
pangan.
4.
Materi SKL UN 2013
|
|
SEMESTER II
|
IPA
|
IX
|
Materi
SKL UN 2013
|
Salam Dahsyat
BalasHapusDengan tema "Berkarya untuk Negeri, Berprestasi bersama Fisika untuk Indonesia", Himpunan Mahasiswa Fisika Universitas Negeri Semarang kembali menyelenggarakan Pekan Ilmiah Fisika (PIF) XXV Nasional tahun 2014, salah satu kegiatannya adalah Olimpiade Fisika SMP/sederajat tingkat Nasional
informasi lebih lanjut bisa menghubungi : Jotti (085643237217) atau Lusi (085799955856)
Mari bergabung bersama kami di PIF XXV !
terimakasih atas perhatiannya
salam Dahsyat