Jumat, 22 Februari 2013

KISI-KISI SOAL UJIAN TENGAH SEMESTER 2 KELAS VII (TUJUH) DAN KELAS VIII (DELAPAN) TP. 2012/2013


KISI-KISI SOAL UJIAN TENGAH SEMESTER 2
KELAS VII (TUJUH)
TP. 2012/2013

No
Kompetensi Dasar
Indikator Soal
No. Soal
1.
Mendeskripsikan peran kalor dalam mengubah wujud zat dan suhu suatu benda serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
disajikan  4 macam data tentang kalor, siswa dapat menunjukkan data mengenai pengertian kalor yang benar
1
2.
Mendeskripsikan peran kalor dalam mengubah wujud zat dan suhu suatu benda serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
disajikan 4 macam pernyataan, siswa dapat menunjukkan alasan mengapa kalor tidak dinyatakan sebagai zat
2
3
Mendeskripsikan peran kalor dalam mengubah wujud zat dan suhu suatu benda serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
 Disajikan 3 macam faktor, Siswa dapat menyebutkan factor-faktor yang mempenaruhi banyaknya kalor yang diserap atau dilepaskan oleh suatu benda
3
4
Mendeskripsikan peran kalor dalam mengubah wujud zat dan suhu suatu benda serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
siswa dapat menyebutkan kesetaraan satuan kalor antara  Joule dengan kalori
4
5
Mendeskripsikan peran kalor dalam mengubah wujud zat dan suhu suatu benda serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
Disajikan 4 pernyataan, siswa dapat menyebutkan penertian tentang 1 kalori
5
6
Mendeskripsikan peran kalor dalam mengubah wujud zat dan suhu suatu benda serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
. Disajikan 4 macam rumus, siswa dapat menunjukkan rumus untuk menghitung banyaknya kalor yang diserap atau dilepaskan oleh suatu benda

6
7
Mendeskripsikan peran kalor dalam mengubah wujud zat dan suhu suatu benda serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
Disajikan massa,kalor jenis dan perubahan suhu, Siswa dapat menetukan banyaknya kalor  dengan rumus Q= m.c.∆t
7
8
Mendeskripsikan peran kalor dalam mengubah wujud zat dan suhu suatu benda serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
Disajikan banyaknya kalor dan perubahan suhu, Siswa dapat menetukan kapasitas kalor dengan rumus  C = Q/∆t
8
9
Mendeskripsikan peran kalor dalam mengubah wujud zat dan suhu suatu benda serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
Disajikan 4 macam kalor, Siswa dapat menyebutkan pengertian tentang kalor laten
9




10
Mendeskripsikan peran kalor dalam mengubah wujud zat dan suhu suatu benda serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
Disajikan 4 macam perubahan wujud zat, siswa dapat menunjukkan perubahan wujud zat dari padat langsung menjadi gas tanpa melalui zat cair
10
11
Mendeskripsikan peran kalor dalam mengubah wujud zat dan suhu suatu benda serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
Disajikan kelompok perubahan wujud zat, Siswa dapat menunjukkan kelompok perubahan wujud zat yang melepaskan kalor
11
12
Mendeskripsikan peran kalor dalam mengubah wujud zat dan suhu suatu benda serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
Disajikan sebuah pernyataan tentang 4 macam perpindahan kalor siswa dapat menunjukkan  pernyataan tentang perpindahan kalor secara konduksi
12
13
Mendeskripsikan peran kalor dalam mengubah wujud zat dan suhu suatu benda serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
: Disajikan kejadian yang berhubungan dengan perpindahan kalor , Siswa dapat menunjukkan peristiwa yang menunjukkan perpindahan kalor secara  radiasi
-          Disajikan data tentang massa dan suhu sir dingin dan air panas, siswa dapat menentukan suhu campurannya menggunakan asas black
13



46
14
 Membandingkan sifat fisika dan sifat kimia zat
Disajikan alasan tentang sifat-sifat zat, Siswa dapat menunjukkan sifat fisika atau sifat kimia
14
15
 Membandingkan sifat fisika dan sifat kimia zat
Disajikan 4 macam sifat zat, Siswa dapat menunjukkan manakah yang merupakan sifat fisika
15
16
 Membandingkan sifat fisika dan sifat kimia zat
 Siswa dapat menunjukkan pengertian tentang sifat zat yang tidak dipengaruhi oleh jumlah dan ukuran zat tersebut
16
17
Membandingkan sifat fisika dan sifat kimia zat

 Disajikan 4 macam kejadian, Siswa dapat menyebutkan kejadian yang merupakan perubahan fisika
17
18
Membandingkan sifat fisika dan sifat kimia zat
Disajikan 4 macam perubahan, Siswa dapat menunjukkan perubahan fisika
18
19
Membandingkan sifat fisika dan sifat kimia zat
Disajikan 4 macam pernyataan, Siswa dapat menunjukkan pernyataan yang menyertai reaksi kimia
19
20
Membandingkan sifat fisika dan sifat kimia zat

Disajikan data tentang 4 macam akibat yang menyertai reaksi , Siswa dapat menunjukkan akibat yang menyertai reaksi kimia.
-          Siswa dapat menyebutkan 3 macam cirri yang menyertai reaksi kimia

20

47
21
Melakukan pemisahan campuran dengan berbagai cara berdasarkan sifat fisika dan sifat kimia
Siswa dapat menyebutkan proses- proses yang terjadi  pada pemisahan campuran secara distilasi.
21
22



Melakukan pemisahan campuran dengan berbagai cara berdasarkan sifat fisika dan sifat kimia
Disajikan 4 pernyataan, Siswa dapat menyebutkan fungsi kaporit dalam proses penjernihan air
-          Siswa dapat menuliskan definisi pemisahan campuran melalui 3 macam cara
22

48
NO
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
NO. SOAL
1
6.3. Mendeskripsikan keragaman pada sistem organisasi kehidupan mulai dari tingkat sel sampai organisme.

1.    Disajikan gambar, siswa menjelaskan kelompok organisme berdasarkan jumlah sel yang menyusunnya.
2.    Disajikan data organel sel, siswa dapat membedakan organel sel yang dimiliki hewan dan tumbuhan.
3.    Disajikan gambar sel, siswa dapat menjelaskan fungsi organel sel yang ditunjuk.
4.    Membedakan sel tumbuhan dan sel hewan.
5.   Disajikan gambar, siswa dapat menjelaskan jaringan-jaringan yang terdapat pada tumbuhan.
6.   Menjelaskan macam jaringan pada hewan dan fungsinya berdasarkan gambar
7.   Menjelaskan macam-macam organ pada tumbuhan dan fungsinya.
8.   Organ-organ yang menyusun system organ pada  manusia
 23


24


25


26
27 dan 49
28

29

30

2
7.1 Menentukan ekosistem  dan saling hubungan antara komponen ekosistem.
1.   Menjelaskan satuan makhluk hidup dalam ekosistem.
2.   Menghitung kepadatan populasi
3.   Menyebutkan macam-macam ekosistem.
4.   Disajikan grafik,menjelaskan perubahan komponen-komponen ekosistem.
5.   Membedakan organisme autrotof dan organisme heterotof.
6.   Menjelaskan hubungan saling ketergantungan antara komponen biotik dan komponen abiotik.
7.   Menjelaskan peranan suatu organism  dalam jaring-jaring makanan.
8.   Menghitung  arus energy/perpindahan energi.
9.   Membedakan simbiosis mutualisme, simbiosis parasitisme dan simbiosis komensalisme.
31
32
33
34

35

36

37
50
38


3
7.2 Mengindentifikasikan pentingnya keanekaragaman makhluk hidup dalam pelestarian ekosistem.
1.   Disajikan data, menyebutkan beberapa jenis tumbuhan yang telah langka di Indonesia.
2.   Menyebutkan beberapa jenis hewan yang telah langka di Indonesia.
3.   Menjelaskan tentang pelestarian keanekaragaman mahluk hidup
4.   Menjelaskan factor-faktor yang mengganggu keseimbangan alam dan menyebabkan  kepunahan mahluk hidup dan cara menanggulanginya

39

40

41-42


43-45


































KISI-KISI SOAL UJIAN TENGAH SEMESTER 2
KELAS VIII (DELAPAN)
TP. 2012/2013

No.
Kompetensi Dasar
Indikator
No. Soal
1.
6.1 Mendeskripsikan konsep getaran dan gelombang serta parameter2nya
·      Mengidentifikasi konsep getaran pada kehidupan sehari-hari.

·      Menentukan periode dan frekuensi suatu getaran
·      Mengidentifikasikan parameter-parameter pada getaran dan  hubungan antara parameter-parameter tersebut
1,2,4

3,6,7

5,8

·      Mengidentifikasikan konsep gelombang dan jenis-jenis gelombang pada kehidupan sehari-hari
·      Menentukan salah satu besaran fisis  pada gelombang dengan menggunakan hubungan antara kecepatan rambat gelombang, frekuensi dan panjang gelombang.
9,10,11,13, 14,16
46

12,15,
47
2
6.2 Mendeskripsikan konsep bunyi dalam kehidupan sehari-hari
·      Mengidentifikasikan konsep bunyi dan syarat terdengarnya bunyi dalam kehidupan sehari-hari
·      Menentukan salah satu besaran fisis pada perambatan gelombang bunyi
·      Menentukan salah satu besaran fisis pada pemanfaatan dan dampak pemantulan bunyi dlm kehidupan sehari2 dan teknologi.
·      Mengidentifikasi gejala resonansi dalam kehidupan sehari-hari.
17,18


19

20,21



22, 48





NO
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR

NO. SOAL

3.
2.1 Mengidentifikasi struktur dan fungsi jaringan  tumbuhan


·       Menjelaskan struktur dan fungsi jaringan di akar, batang dan daun
·       Menunjukkan letak epidermis, korteks, dan stele pada tumbuhan
·       Menjelaskan fungsi jaringan tertentu yang dijumpai pada tubuh tumbuhan
 23, 24,  25
49

26, 27


28, 29, 30
4.
2.2 Mendeskripsikan proses perolehan nutrisi dan transformasi energi pada tumbuhan hijau


·       Menunjukkan bagian daun yang berperan dalam fotosintesis
·       Melakukan dan membuat laporan hasil percobaan fotosintesis
·       Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi fotosintesis
31, 32


33, 34, 35

50
5.
2..3 Mengidentifikasi macam-macam gerak pada tumbuhan
·       Mendeskripsikan macam-macam gerak pada tumbuhan
·       Menjelaskan perbedaan gerak tropisme dengan gerak nasti
36, 37, 38


39, 40

6.
2.4  Mengidentifikasi hama dan penyakit pada organ tumbuhan yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari

·       Menjelaskan perbedaan hama dan penyakit
·       Mendata contoh hama dan penyakit pada organ tumbuhan yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari

41, 42


43, 44, 45