KISI-KISI SOAL UJIAN TENGAH SEMESTER 2
KELAS VII (TUJUH)
TP. 2012/2013
No
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Soal
|
No. Soal
|
|||||
1.
|
Mendeskripsikan peran kalor
dalam mengubah wujud zat dan suhu suatu benda serta penerapannya dalam
kehidupan sehari-hari
|
disajikan 4 macam data tentang kalor, siswa dapat
menunjukkan data mengenai pengertian kalor yang benar
|
1
|
|||||
2.
|
Mendeskripsikan peran kalor
dalam mengubah wujud zat dan suhu suatu benda serta penerapannya dalam
kehidupan sehari-hari
|
disajikan
4 macam pernyataan, siswa dapat menunjukkan alasan mengapa kalor tidak
dinyatakan sebagai zat
|
2
|
|||||
3
|
Mendeskripsikan peran kalor
dalam mengubah wujud zat dan suhu suatu benda serta penerapannya dalam
kehidupan sehari-hari
|
Disajikan 3 macam faktor, Siswa dapat
menyebutkan factor-faktor yang mempenaruhi banyaknya kalor yang diserap atau
dilepaskan oleh suatu benda
|
3
|
|||||
4
|
Mendeskripsikan peran kalor
dalam mengubah wujud zat dan suhu suatu benda serta penerapannya dalam
kehidupan sehari-hari
|
siswa
dapat menyebutkan kesetaraan satuan kalor antara Joule dengan kalori
|
4
|
|||||
5
|
Mendeskripsikan peran kalor
dalam mengubah wujud zat dan suhu suatu benda serta penerapannya dalam
kehidupan sehari-hari
|
Disajikan
4 pernyataan, siswa dapat menyebutkan penertian tentang 1 kalori
|
5
|
|||||
6
|
Mendeskripsikan peran kalor
dalam mengubah wujud zat dan suhu suatu benda serta penerapannya dalam
kehidupan sehari-hari
|
. Disajikan 4 macam
rumus, siswa dapat menunjukkan rumus untuk menghitung banyaknya kalor yang
diserap atau dilepaskan oleh suatu benda
|
6
|
|||||
7
|
Mendeskripsikan peran kalor
dalam mengubah wujud zat dan suhu suatu benda serta penerapannya dalam
kehidupan sehari-hari
|
Disajikan
massa,kalor jenis dan perubahan suhu, Siswa dapat menetukan banyaknya
kalor dengan rumus Q= m.c.∆t
|
7
|
|||||
8
|
Mendeskripsikan peran kalor
dalam mengubah wujud zat dan suhu suatu benda serta penerapannya dalam
kehidupan sehari-hari
|
Disajikan
banyaknya kalor dan perubahan suhu, Siswa dapat menetukan kapasitas kalor
dengan rumus C = Q/∆t
|
8
|
|||||
9
|
Mendeskripsikan peran kalor
dalam mengubah wujud zat dan suhu suatu benda serta penerapannya dalam
kehidupan sehari-hari
|
Disajikan
4 macam kalor, Siswa dapat menyebutkan pengertian tentang kalor laten
|
9
|
|||||
10
|
Mendeskripsikan peran kalor
dalam mengubah wujud zat dan suhu suatu benda serta penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari
|
Disajikan
4 macam perubahan wujud zat, siswa dapat menunjukkan perubahan wujud zat dari
padat langsung menjadi gas tanpa melalui zat cair
|
10
|
|||||
11
|
Mendeskripsikan peran kalor
dalam mengubah wujud zat dan suhu suatu benda serta penerapannya dalam
kehidupan sehari-hari
|
Disajikan
kelompok perubahan wujud zat, Siswa dapat menunjukkan kelompok perubahan
wujud zat yang melepaskan kalor
|
11
|
|||||
12
|
Mendeskripsikan peran kalor
dalam mengubah wujud zat dan suhu suatu benda serta penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari
|
Disajikan sebuah
pernyataan tentang 4 macam perpindahan kalor siswa dapat menunjukkan pernyataan tentang perpindahan kalor secara
konduksi
|
12
|
|||||
13
|
Mendeskripsikan peran kalor
dalam mengubah wujud zat dan suhu suatu benda serta penerapannya dalam
kehidupan sehari-hari
|
: Disajikan kejadian yang
berhubungan dengan perpindahan kalor , Siswa dapat menunjukkan peristiwa yang
menunjukkan perpindahan kalor secara
radiasi
-
Disajikan data tentang massa dan suhu
sir dingin dan air panas, siswa dapat menentukan suhu campurannya menggunakan
asas black
|
13
46
|
|||||
14
|
Membandingkan sifat fisika dan sifat kimia
zat
|
Disajikan alasan tentang
sifat-sifat zat, Siswa dapat menunjukkan sifat fisika atau sifat kimia
|
14
|
|||||
15
|
Membandingkan sifat fisika dan sifat kimia
zat
|
Disajikan 4 macam sifat
zat, Siswa dapat menunjukkan manakah yang merupakan sifat fisika
|
15
|
|||||
16
|
Membandingkan sifat fisika dan sifat kimia
zat
|
Siswa dapat menunjukkan pengertian tentang
sifat zat yang tidak dipengaruhi oleh jumlah dan ukuran zat tersebut
|
16
|
|||||
17
|
Membandingkan sifat fisika dan sifat
kimia zat
|
Disajikan 4 macam kejadian, Siswa dapat
menyebutkan kejadian yang merupakan perubahan fisika
|
17
|
|||||
18
|
Membandingkan sifat fisika dan sifat
kimia zat
|
Disajikan 4 macam
perubahan, Siswa dapat menunjukkan perubahan fisika
|
18
|
|||||
19
|
Membandingkan sifat
fisika dan sifat kimia zat
|
Disajikan 4 macam
pernyataan, Siswa dapat menunjukkan pernyataan yang menyertai reaksi kimia
|
19
|
|||||
20
|
Membandingkan sifat fisika dan sifat
kimia zat
|
Disajikan
data tentang 4 macam akibat yang menyertai reaksi , Siswa dapat menunjukkan
akibat yang menyertai reaksi kimia.
-
Siswa dapat
menyebutkan 3 macam cirri yang menyertai reaksi kimia
|
20
47
|
|||||
21
|
Melakukan pemisahan campuran dengan berbagai
cara berdasarkan sifat fisika dan sifat kimia
|
Siswa
dapat menyebutkan proses- proses yang terjadi
pada pemisahan campuran secara distilasi.
|
21
|
|||||
22
|
Melakukan pemisahan campuran dengan
berbagai cara berdasarkan sifat fisika dan sifat kimia
|
Disajikan 4 pernyataan,
Siswa dapat menyebutkan fungsi kaporit dalam proses penjernihan air
-
Siswa dapat
menuliskan definisi pemisahan campuran melalui 3 macam cara
|
22
48
|
|||||
NO
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
NO. SOAL
|
|||||
1
|
6.3. Mendeskripsikan keragaman pada sistem
organisasi kehidupan mulai dari tingkat sel sampai organisme.
|
1. Disajikan
gambar, siswa menjelaskan kelompok organisme berdasarkan jumlah sel yang
menyusunnya.
2. Disajikan
data organel sel, siswa dapat membedakan organel sel yang dimiliki hewan dan
tumbuhan.
3. Disajikan
gambar sel, siswa dapat menjelaskan fungsi organel sel yang ditunjuk.
4. Membedakan
sel tumbuhan dan sel hewan.
5. Disajikan
gambar, siswa dapat menjelaskan jaringan-jaringan yang terdapat pada
tumbuhan.
6. Menjelaskan
macam jaringan pada hewan dan fungsinya berdasarkan gambar
7. Menjelaskan
macam-macam organ pada tumbuhan dan fungsinya.
8. Organ-organ
yang menyusun system organ pada
manusia
|
23
24
25
26
27 dan 49
28
29
30
|
|||||
2
|
7.1 Menentukan ekosistem dan saling hubungan antara komponen
ekosistem.
|
1. Menjelaskan
satuan makhluk hidup dalam ekosistem.
2. Menghitung
kepadatan populasi
3. Menyebutkan
macam-macam ekosistem.
4. Disajikan
grafik,menjelaskan perubahan komponen-komponen ekosistem.
5. Membedakan
organisme autrotof dan organisme heterotof.
6. Menjelaskan
hubungan saling ketergantungan antara komponen biotik dan komponen abiotik.
7. Menjelaskan
peranan suatu organism dalam
jaring-jaring makanan.
8. Menghitung arus energy/perpindahan energi.
9.
Membedakan simbiosis mutualisme,
simbiosis parasitisme dan simbiosis komensalisme.
|
31
32
33
34
35
36
37
50
38
|
|||||
3
|
7.2 Mengindentifikasikan pentingnya
keanekaragaman makhluk hidup dalam pelestarian ekosistem.
|
1. Disajikan
data, menyebutkan beberapa jenis tumbuhan yang telah langka di Indonesia.
2. Menyebutkan
beberapa jenis hewan yang telah langka di Indonesia.
3. Menjelaskan
tentang pelestarian keanekaragaman mahluk hidup
4.
Menjelaskan factor-faktor yang
mengganggu keseimbangan alam dan menyebabkan
kepunahan mahluk hidup dan cara menanggulanginya
|
39
40
41-42
43-45
|
|||||
KISI-KISI SOAL UJIAN TENGAH SEMESTER 2
KELAS VIII (DELAPAN)
TP. 2012/2013
No.
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
No. Soal
|
1.
|
6.1 Mendeskripsikan
konsep getaran dan gelombang serta parameter2nya
|
· Mengidentifikasi
konsep getaran pada kehidupan sehari-hari.
· Menentukan
periode dan frekuensi suatu getaran
· Mengidentifikasikan
parameter-parameter pada getaran dan
hubungan antara parameter-parameter tersebut
|
1,2,4
3,6,7
5,8
|
· Mengidentifikasikan
konsep gelombang dan jenis-jenis gelombang pada kehidupan sehari-hari
· Menentukan
salah satu besaran fisis pada
gelombang dengan menggunakan hubungan antara kecepatan rambat gelombang,
frekuensi dan panjang gelombang.
|
9,10,11,13,
14,16
46
12,15,
47
|
||
2
|
6.2 Mendeskripsikan
konsep bunyi dalam kehidupan sehari-hari
|
· Mengidentifikasikan
konsep bunyi dan syarat terdengarnya bunyi dalam kehidupan sehari-hari
· Menentukan
salah satu besaran fisis pada perambatan gelombang bunyi
· Menentukan
salah satu besaran fisis pada pemanfaatan dan dampak pemantulan bunyi dlm
kehidupan sehari2 dan teknologi.
· Mengidentifikasi
gejala resonansi dalam kehidupan sehari-hari.
|
17,18
19
20,21
22,
48
|
NO
|
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
|
NO.
SOAL
|
3.
|
2.1
Mengidentifikasi struktur dan fungsi jaringan
tumbuhan
|
·
Menjelaskan struktur dan fungsi jaringan
di akar, batang dan daun
· Menunjukkan letak epidermis, korteks, dan stele pada
tumbuhan
· Menjelaskan fungsi jaringan tertentu yang dijumpai pada
tubuh tumbuhan
|
23, 24, 25
49
26, 27
28, 29, 30
|
4.
|
2.2
Mendeskripsikan proses perolehan nutrisi dan transformasi energi pada
tumbuhan hijau
|
·
Menunjukkan bagian daun yang berperan
dalam fotosintesis
· Melakukan dan membuat laporan hasil percobaan
fotosintesis
·
Menjelaskan faktor-faktor yang
mempengaruhi fotosintesis
|
31, 32
33, 34, 35
50
|
5.
|
2..3
Mengidentifikasi macam-macam gerak pada tumbuhan
|
·
Mendeskripsikan macam-macam gerak pada
tumbuhan
·
Menjelaskan perbedaan gerak tropisme
dengan gerak nasti
|
36, 37, 38
39, 40
|
6.
|
2.4 Mengidentifikasi hama dan penyakit pada
organ tumbuhan yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari
|
·
Menjelaskan perbedaan hama dan penyakit
·
Mendata contoh hama dan penyakit pada
organ tumbuhan yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari
|
41, 42
43, 44, 45
|