KISI-KISI
SOAL UJIAN SEMESTER 2
KELAS
IX (SEMBILAN)
TP.
2012/2013
N0
|
STANDAR KOMPETENSI
LULUSAN (SKL)
|
INDIKATOR SKL
|
No Butir
|
1
|
Melakukan
pengukuran dasar secara teliti dengan menggunakan alat ukur sesuai dan sering
digunakan dalam kehidupan sehari-hari
|
1. Menentukan besaran pokok, besaran turunan dan
satuannya atau penggunaan alat ukur dalam kehidupan sehari-hari
|
1
|
2
|
Menerapkan
konsep zat dan kalor serta kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari
|
2. Menentukan
sifat-sifat zat berdasarkan wujudnya atau penerapan dalam kehidupan sehari-hari
|
2
|
3. Menentukan konversi suhu pada termometer
|
3
|
||
4. Menentukan besaran kalor dalam proses perubahan
suhu atau penerapan perubahan wujud zat dalam kehidupan sehari-hari
|
4
|
||
3
|
Mendiskripsikan
dasar-dasar mekanik (gerak,gaya, usaha, dan energi) serta penerapan konsep
tekanan dalam kehidupan sehari-hari
|
5.
Menentukan
jenis gerak lurus atau penerapan hukum Newton dalam kehidupan sehari-hari
|
5
|
6.
Menentukan
besaran fisis pada usaha atau energi
|
6
|
||
7.
Menentukan
penerapan pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari.
|
7
|
||
8.
Menentukan
besaran fisis yang terkait dengan tekanan pada suatu zat
|
8
|
||
4
|
Memahami
konsep-konsep dan penerapan, getaran, gelombang, bunyi, dan optik dalam
produk teknologi sehari-hari
|
9.
Menentukan
besaran fisis pada getaran atau gelombang
|
9
|
10. Menjelaskan sifat bunyi atau penerapannya dalam
kehidupansehari-hari
|
10
|
||
11. Menentukan sifat cahaya, besaran-besaran yang
berhubungan dengan cermin/lensa atau penerapan alat optik dalam kehidupan
sehari-hari
|
11
|
||
5
|
Memahami konsep
kelistrikan dan kemagnetan serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
|
12. Menjelaskan gejala listrik statis dalam penerapan
kehidupan sehari-hari
|
12
|
13. Menentukan besaran-besaran listrik dinamis dalam
suatu rangkaian (seri/paralel, Hukum Ohm, Hukum Kirchhoff) serta penerapannya
dalam kehidupan sehari-hari
|
13
|
||
14. Menentukan besarnya energi atau daya listrik dalam
kehidupan sehari-hari
|
14
|
||
15. Menjelaskan cara
pembuatan magnet dan kutub-kutub yang dihasilkan
|
15
|
||
16. Menjelaskan peristiwa induksi elektromagnetik atau
penerapannya pada transformator
|
16
|
||
6
|
Memahami sistem
tata surya dan proses yang terjadi didalamnya
|
17. Menjelaskan ciri-ciri anggota tata surya atau
peredaran bumi-bulan terhadap matahari
|
17
|
7
|
Mendiskripsikan
konsep atom, ion dan molekul dihubungkan dengan produk kimia sehari-hari
|
18. Mendeskripsikan atom, ion, dan molekul serta hubungannya dengan produk
kimia sehari-hari
|
18
|
8
|
Memahami
klasifikasi zat serta perubahannya
|
19. Mendeskripsikan larutan asam, basa, atau garam.
|
19
|
20. Mendeskripsikan unsur, sen.yawa dan campuran
termasuk rumus kimia
|
20
|
||
21. Mendeskripsikan sifat kimia atau fisika zat tertentu serta perubahannya
|
21
|
||
9
|
Mendeskripsikan
bahan kimia dalam kehidupan sehari-hari serta pengaruhnya pada tubuh manusia
dan lingkungan.
|
21. Mendeskripsikan bahan kimia
tertentu yang terdapat dalam beberapa produk kimia.
|
22
|
22. Mendeskripsikan
bahan kimia adiktif dan obat psikotropika serta cara menghindarinya.
|
23
|
||
10
|
Mendeskripsikan
ciri-ciri dan keanekaragaman makhluk hidup, serta pentingnya pelestarian
makhluk hidup dalam kehidupan.
|
23. Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup.
|
24
|
24. Mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan
ciri-cirinya.
|
25
|
||
11
|
Mendeskripsikan
komponen ekosistem, interaksi antar makhluk hidup dalam lingkungan, serta
peran manusia dalam pengelolaan lingkungan.
|
25. Menjelaskan interaksi antar makhluk hidup
dalam ekosistem.
|
26
|
26. Menjelaskan usaha-usaha manusia untuk
mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan.
|
27
|
||
27. Menjelaskan hubungan antara kepadatan
populasi manusia dengan kualitas lingkungan berdasarkan hasil pengamatan/
kasus.
|
28
|
||
12
|
Menjelaskan
sistem organ pada manusia.
|
28. Menjelaskan system peredaran darah pada
manusia/penyakit yang berhubungan dengannya.
|
29
|
29. Menjelaskan system pencernaan dan
enzim-enzim yang berperan pada proses pencernaan.
|
30
|
||
30. Menjelaskan system pernapasan pada
manusia/penyakit yang berhubungan dengannya.
|
31
|
||
32
|
|||
32. Menjelaskan sistem ekskresi/reproduksi
pada manusia/penyakit yang berhubungan
dengannya. |
33
|
||
33. Menjelaskan sistem saraf/alat indera pada
manusia.
|
34
|
||
13
|
Menjelaskan sistem organ dalam kehidupan tumbuhan
|
34. Menjelaskan struktur dan fungsi
jaringan/organ pada tumbuhan.
|
35
|
35. Menjelaskan respons tumbuhan terhadap
pengaruh lingkungan luar.
|
36
|
||
36. Menjelaskan proses fotosintesis melalui
percobaan-percobaan tentang proses tersebut.
|
37
|
||
14
|
Mengaplikasikan konsep pertumbuhan dan perkembangan,
kelangsungan hidup dan pewarisan sifat pada organisme serta kaitannya dengan
lingkungan, teknologi dan masyarakat.
|
37. Memberi contoh adaptasi makhluk
hidup/seleksi alam dalam kelangsungan hidup makhluk hidup.
|
38
|
38. Menginterpretasi proses persilangan
berdasarkan hukum Mendel.
|
39
|
||
39. Menjelaskan pemanfaatan bioteknologi untuk
kehidupan manusia.
|
40
|
||
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar