KISI-KISI SOAL UJIAN SEMESTER 2
KELAS IX (SEMBILAN)
TP. 2012/2013
N0
|
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN (SKL)
|
INDIKATOR SKL
|
No Butir
|
1
|
Melakukan pengukuran dasar secara teliti dengan menggunakan alat ukur
sesuai dan sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari
|
1.
Menentukan besaran pokok, besaran turunan dan satuannya atau penggunaan
alat ukur dalam kehidupan sehari-hari
|
1
|
2
|
Menerapkan konsep zat dan kalor serta kegunaannya dalam kehidupan
sehari-hari
|
2.
Menentukan sifat-sifat zat
berdasarkan wujudnya atau penerapan
dalam kehidupan sehari-hari
|
2
|
3. Menentukan konversi suhu pada
termometer
|
3
|
||
4. Menentukan besaran kalor
dalam proses perubahan suhu atau penerapan perubahan wujud zat dalam
kehidupan sehari-hari
|
4
|
||
3
|
Mendiskripsikan dasar-dasar mekanik (gerak,gaya, usaha, dan energi) serta
penerapan konsep tekanan dalam kehidupan sehari-hari
|
5. Menentukan jenis gerak lurus
atau penerapan hukum
Newton dalam kehidupan
sehari-hari
|
5
|
6. Menentukan besaran fisis pada
usaha atau energi
|
6
|
||
7. Menentukan penerapan pesawat sederhana dalam kehidupan
sehari-hari.
|
7
|
||
8. Menentukan besaran fisis yang terkait dengan tekanan pada
suatu zat
|
8
|
||
4
|
Memahami konsep-konsep dan penerapan, getaran, gelombang, bunyi, dan
optik dalam produk teknologi sehari-hari
|
9. Menentukan besaran fisis pada getaran atau gelombang
|
9
|
10. Menjelaskan sifat bunyi atau
penerapannya dalam kehidupansehari-hari
|
10
|
||
11. Menentukan sifat cahaya,
besaran-besaran yang berhubungan dengan cermin/lensa atau penerapan alat
optik dalam kehidupan sehari-hari
|
11
|
||
5
|
Memahami konsep kelistrikan dan kemagnetan serta penerapannya dalam
kehidupan sehari-hari
|
12. Menjelaskan gejala listrik
statis dalam penerapan kehidupan sehari-hari
|
12
|
13. Menentukan besaran-besaran
listrik dinamis dalam suatu rangkaian (seri/paralel, Hukum Ohm, Hukum
Kirchhoff) serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
|
13
|
||
14. Menentukan besarnya energi
atau daya listrik dalam kehidupan sehari-hari
|
14
|
||
15. Menjelaskan cara pembuatan magnet dan kutub-kutub yang dihasilkan
|
15
|
||
16. Menjelaskan peristiwa induksi
elektromagnetik atau penerapannya pada transformator
|
16
|
||
6
|
Memahami sistem tata surya dan proses yang terjadi didalamnya
|
17. Menjelaskan ciri-ciri anggota
tata surya atau peredaran bumi-bulan terhadap matahari
|
17
|
7
|
Mendiskripsikan konsep atom, ion dan molekul dihubungkan dengan produk
kimia sehari-hari
|
18. Mendeskripsikan atom, ion,
dan molekul serta hubungannya dengan
produk kimia sehari-hari
|
18
|
8
|
Memahami klasifikasi zat serta perubahannya
|
19. Mendeskripsikan larutan asam,
basa, atau garam.
|
19
|
20. Mendeskripsikan unsur,
sen.yawa dan campuran termasuk rumus kimia
|
20
|
||
21. Mendeskripsikan sifat kimia
atau fisika zat tertentu serta
perubahannya
|
21
|
||
9
|
Mendeskripsikan bahan kimia dalam kehidupan sehari-hari serta pengaruhnya
pada tubuh manusia dan lingkungan.
|
21. Mendeskripsikan bahan kimia tertentu yang terdapat dalam
beberapa produk kimia.
|
22
|
22. Mendeskripsikan bahan kimia adiktif dan obat
psikotropika serta cara menghindarinya.
|
23
|
||
10
|
Mendeskripsikan ciri-ciri dan keanekaragaman makhluk hidup, serta
pentingnya pelestarian makhluk hidup dalam kehidupan.
|
23. Mengidentifikasi
ciri-ciri makhluk hidup.
|
24
|
24. Mengelompokkan
makhluk hidup berdasarkan ciri-cirinya.
|
25
|
||
11
|
Mendeskripsikan komponen ekosistem, interaksi antar makhluk hidup dalam
lingkungan, serta peran manusia dalam pengelolaan lingkungan.
|
25. Menjelaskan
interaksi antar makhluk hidup dalam ekosistem.
|
26
|
26. Menjelaskan
usaha-usaha manusia untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan.
|
27
|
||
27. Menjelaskan hubungan
antara kepadatan populasi manusia dengan kualitas lingkungan berdasarkan
hasil pengamatan/ kasus.
|
28
|
||
12
|
Menjelaskan sistem organ pada manusia.
|
28. Menjelaskan system
peredaran darah pada manusia/penyakit yang berhubungan dengannya.
|
29
|
29. Menjelaskan system
pencernaan dan enzim-enzim yang berperan pada proses pencernaan.
|
30
|
||
30. Menjelaskan system
pernapasan pada manusia/penyakit yang berhubungan dengannya.
|
31
|
||
32
|
|||
32. Menjelaskan sistem
ekskresi/reproduksi pada manusia/penyakit yang berhubungan
dengannya. |
33
|
||
33. Menjelaskan sistem
saraf/alat indera pada manusia.
|
34
|
||
13
|
Menjelaskan sistem organ dalam
kehidupan tumbuhan
|
34. Menjelaskan struktur
dan fungsi jaringan/organ pada tumbuhan.
|
35
|
35. Menjelaskan respons
tumbuhan terhadap pengaruh lingkungan luar.
|
36
|
||
36. Menjelaskan proses
fotosintesis melalui percobaan-percobaan tentang proses tersebut.
|
37
|
||
14
|
Mengaplikasikan konsep pertumbuhan
dan perkembangan, kelangsungan hidup dan pewarisan sifat pada organisme serta
kaitannya dengan lingkungan, teknologi dan masyarakat.
|
37. Memberi contoh
adaptasi makhluk hidup/seleksi alam dalam kelangsungan hidup makhluk hidup.
|
38
|
38. Menginterpretasi
proses persilangan berdasarkan hukum Mendel.
|
39
|
||
39. Menjelaskan
pemanfaatan bioteknologi untuk kehidupan manusia.
|
40
|
||
|
|
saran, kalo buat soal yang jelas gambarnya.
BalasHapussoal tentang pemuaian tidak ada di SKL booossss.
soal termometer kok ga ada di soal????
massaa jenis kok ada disaol??? padahal di SKL TIDAK ADA.....!
BalasHapus