Jumat, 22 Februari 2013


KISI-KISI SOAL UJIAN SEMESTER 2
KELAS IX (SEMBILAN)
TP. 2012/2013

N0
STANDAR KOMPETENSI   LULUSAN (SKL)
INDIKATOR SKL
No Butir
1
Melakukan pengukuran dasar secara teliti dengan menggunakan alat ukur sesuai dan sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari
1.      Menentukan besaran pokok, besaran turunan dan satuannya atau penggunaan alat ukur dalam kehidupan sehari-hari
1
2
Menerapkan konsep zat dan kalor serta kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari
2.      Menentukan  sifat-sifat zat berdasarkan wujudnya atau penerapan  dalam kehidupan sehari-hari
2
3.      Menentukan konversi suhu pada termometer
3
4.      Menentukan besaran kalor dalam proses perubahan suhu atau penerapan perubahan wujud zat dalam kehidupan sehari-hari
4
3
Mendiskripsikan dasar-dasar mekanik (gerak,gaya, usaha, dan energi) serta penerapan konsep tekanan dalam kehidupan sehari-hari
5.     Menentukan jenis gerak lurus atau penerapan hukum Newton dalam kehidupan sehari-hari
5
6.     Menentukan besaran fisis pada usaha atau energi
6
7.     Menentukan penerapan pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari.
7
8.     Menentukan besaran fisis yang terkait dengan tekanan pada suatu zat
8
4
Memahami konsep-konsep dan penerapan, getaran, gelombang, bunyi, dan optik dalam produk teknologi sehari-hari
9.     Menentukan besaran fisis pada getaran atau gelombang
9
10. Menjelaskan sifat bunyi atau penerapannya dalam kehidupansehari-hari
10
11. Menentukan sifat cahaya, besaran-besaran yang berhubungan dengan cermin/lensa atau penerapan alat optik dalam kehidupan sehari-hari
11
5
Memahami konsep kelistrikan dan kemagnetan serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
12. Menjelaskan gejala listrik statis dalam penerapan kehidupan sehari-hari
12
13. Menentukan besaran-besaran listrik dinamis dalam suatu rangkaian (seri/paralel, Hukum Ohm, Hukum Kirchhoff) serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
13
14. Menentukan besarnya energi atau daya listrik dalam kehidupan sehari-hari
14
15. Menjelaskan cara pembuatan magnet dan kutub-kutub yang dihasilkan
15
16. Menjelaskan peristiwa induksi elektromagnetik atau penerapannya pada transformator
16
6
Memahami sistem tata surya dan proses yang terjadi didalamnya
17. Menjelaskan ciri-ciri anggota tata surya atau peredaran bumi-bulan terhadap matahari
17
7
Mendiskripsikan konsep atom, ion dan molekul dihubungkan dengan produk kimia sehari-hari
18. Mendeskripsikan atom, ion, dan  molekul serta hubungannya dengan produk kimia sehari-hari
18
8
Memahami klasifikasi zat serta perubahannya
19. Mendeskripsikan larutan asam, basa, atau garam.
19
20. Mendeskripsikan unsur, sen.yawa dan campuran termasuk rumus kimia
20
21. Mendeskripsikan sifat kimia atau  fisika zat tertentu serta perubahannya
21
9
Mendeskripsikan bahan kimia dalam kehidupan sehari-hari serta pengaruhnya pada tubuh manusia dan lingkungan.
21.   Mendeskripsikan bahan kimia tertentu yang terdapat dalam beberapa produk kimia.
22
22.   Mendeskripsikan bahan kimia adiktif dan obat psikotropika serta cara menghindarinya.
23
10
Mendeskripsikan ciri-ciri dan keanekaragaman makhluk hidup, serta pentingnya pelestarian makhluk hidup dalam kehidupan.
23.   Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup.
24
24.   Mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan ciri-cirinya.
25
11
Mendeskripsikan komponen ekosistem, interaksi antar makhluk hidup dalam lingkungan, serta peran manusia dalam pengelolaan lingkungan.
25.   Menjelaskan interaksi antar makhluk hidup dalam ekosistem.
26
26.   Menjelaskan usaha-usaha manusia untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan.
27
27.   Menjelaskan hubungan antara kepadatan populasi manusia dengan kualitas lingkungan berdasarkan hasil pengamatan/ kasus.
28
12
Menjelaskan sistem organ pada manusia.
28.   Menjelaskan system peredaran darah pada manusia/penyakit yang berhubungan dengannya.
29
29.   Menjelaskan system pencernaan dan enzim-enzim yang berperan pada proses pencernaan.
30
30.   Menjelaskan system pernapasan pada manusia/penyakit yang berhubungan dengannya.
31
32
32.   Menjelaskan sistem ekskresi/reproduksi pada manusia/penyakit yang berhubungan
dengannya.
33
33.   Menjelaskan sistem saraf/alat indera pada manusia.
34
13
Menjelaskan sistem organ dalam kehidupan tumbuhan
34.   Menjelaskan struktur dan fungsi jaringan/organ pada tumbuhan.
35
35.   Menjelaskan respons tumbuhan terhadap pengaruh lingkungan luar.
36
36.   Menjelaskan proses fotosintesis melalui percobaan-percobaan tentang proses tersebut.
37
14
Mengaplikasikan konsep pertumbuhan dan perkembangan, kelangsungan hidup dan pewarisan sifat pada organisme serta kaitannya dengan lingkungan, teknologi dan masyarakat.
37.   Memberi contoh adaptasi makhluk hidup/seleksi alam dalam kelangsungan hidup makhluk hidup.
38
38.   Menginterpretasi proses persilangan berdasarkan hukum Mendel.
39
39.   Menjelaskan pemanfaatan bioteknologi untuk kehidupan manusia.
40


2 komentar:

  1. saran, kalo buat soal yang jelas gambarnya.
    soal tentang pemuaian tidak ada di SKL booossss.
    soal termometer kok ga ada di soal????

    BalasHapus
  2. massaa jenis kok ada disaol??? padahal di SKL TIDAK ADA.....!

    BalasHapus