PLOTING
MATERI IPA
KELAS
VII (TUJUH) TAHUN PELAJARN 2014/2015
KI 1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI 2
: Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3 : Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4 : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari
di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
NO
|
SEMESTER
|
KD
|
BAB
|
1
|
UTS
1
|
3.1. Memahami konsep pengukuran berbagai besaran yang ada
pada diri, makhluk hidup, dan lingkungan fisik sekitar sebagai bagian dari observasi,
serta pentingnya perumusan satuan terstandar (baku) dalam pengukuran
4.1. Menyajikan hasil pengukuran terhadap besaran-besaran
pada diri, makhluk hidup, dan lingkungan fisik dengan menggunakan satuan tak
baku dan satuan baku
|
Objek
IPA dan Pengamatannya
|
3.2 Mengidentifikasi ciri hidup dan tak hidup dari
benda-benda dan makhluk hidup yang ada di lingkungan sekitar
4.2
Menyajikan
hasil analisis data observasi terhadap benda (makhluk) hidup dan tak hidup
|
KLASIFIKASI
BENDA
|
||
3.3 Memahami prosedur pengklasifikasian makhluk hidup dan
benda-benda tak-hidup sebagai bagian kerja ilmiah, serta mengklasifikasikan
berbagai makhluk hidup dan benda-benda tak-hidup berdasarkan ciri yang
diamati
4.3 Mengumpulkan data dan melakukan klasifikasi terhadap
benda-benda, tumbuhan, dan hewan yang ada di lingkungan sekitar
|
Klasifikasi
Mahluk Hidup
|
||
2
|
US
1
|
3.1. Memahami konsep pengukuran berbagai besaran yang ada
pada diri, makhluk hidup, dan lingkungan fisik sekitar sebagai bagian dari
observasi, serta pentingnya perumusan satuan terstandar (baku) dalam
pengukuran
4.1. Menyajikan hasil pengukuran terhadap besaran-besaran
pada diri, makhluk hidup, dan lingkungan fisik dengan menggunakan satuan tak
baku dan satuan baku
|
Objek
IPA dan Pengamatannya
|
3.2 Mengidentifikasi ciri hidup dan tak hidup dari
benda-benda dan makhluk hidup yang ada di lingkungan sekitar
4.2
Menyajikan hasil analisis data observasi terhadap benda
(makhluk) hidup dan tak hidup
|
KLASIFIKASI
BENDA
|
||
3.3 Memahami prosedur pengklasifikasian makhluk hidup dan
benda-benda tak-hidup sebagai bagian kerja ilmiah, serta mengklasifikasikan
berbagai makhluk hidup dan benda-benda tak-hidup berdasarkan ciri yang
diamati
4.3 Mengumpulkan data dan melakukan klasifikasi terhadap
benda-benda, tumbuhan, dan hewan yang ada di lingkungan sekitar
|
Klasifikasi
Mahluk Hidup
|
||
3.4 Mendeskripsikan keragaman pada
sistem organisasi kehidupan mulai dari tingkat sel sampai organisme, serta komposisi utama penyusun sel
4.4 Melakukan pengamatan dengan bantuan alat
untuk menyelidiki struktur tumbuhan dan hewan
4.5 Membuat dan menyajikan poster tentang sel
dan bagian-bagiannya
|
Sistem
Organisasi Kehidupan
|
||
3.5 Memahami karakteristik zat, serta perubahan fisika dan
kimia pada zat yang dapat dimanfaatkan untuk kehidupan sehari-hari (misalnya
pemisahan campuran)
4.6 Melakukan pemisahan campuran berdasarkan
sifat fisika dan kimia
4.7 Melakukan penyelidikan untuk menentukan
sifat larutan yang ada di lingkungan sekitar menggunakan indikator buatan
maupun alami
|
Karakteristik
Zat
|
||
3
|
UTS
2
|
3.6 Mengenal konsep energi, berbagai sumber energi, energi
dari makanan, transformasi energi, respirasi, sistem pencernaan makanan, dan
fotosintesis
4.8 Melakukan
pengamatan atau percobaan sederhana untuk menyelidiki proses fotosintesis
pada tumbuhan hijau
4.9 Melakukan
percobaan untuk menyelidiki respirasi pada hewan
|
Energi dalam Sistem Kehidupan
|
3.7.
Memahami konsep suhu, pemuaian, kalor, perpindahan kalor,dan penerapannya
dalam mekanisme menjaga kestabilan suhu tubuh pada manusia dan hewan serta
dalam kehidupan sehari-hari
4.10 Melakukan
percobaan untuk menyelidiki suhu dan perubahannya, serta pengaruh kalor
terhadap perubahan suhu dan perubahan wujud benda
4.11 Melakukan
penyelidikan terhadap karakteristik perambatan kalor secara konduksi,
konveksi, dan radiasi
|
Suhu dan Perubahannya
|
||
4
|
US 2
|
3.6 Mengenal konsep energi, berbagai sumber energi, energi
dari makanan, transformasi energi, respirasi, sistem pencernaan makanan, dan
fotosintesis
4.8 Melakukan
pengamatan atau percobaan sederhana untuk menyelidiki proses fotosintesis
pada tumbuhan hijau
4.9 Melakukan
percobaan untuk menyelidiki respirasi pada hewan
|
Energi dalam Sistem Kehidupan
|
3.7.
Memahami konsep suhu, pemuaian, kalor, perpindahan kalor,dan penerapannya
dalam mekanisme menjaga kestabilan suhu tubuh pada manusia dan hewan serta
dalam kehidupan sehari-hari
4.10 Melakukan
percobaan untuk menyelidiki suhu dan perubahannya, serta pengaruh kalor
terhadap perubahan suhu dan perubahan wujud benda
4.11 Melakukan
penyelidikan terhadap karakteristik perambatan kalor secara konduksi,
konveksi, dan radiasi
|
Suhu dan Perubahannya
|
||
3.8 Mendeskripsikan interaksi antar
makhluk hidup dan lingkungannya
4.12 Menyajikan hasil observasi terhadap interaksi makhluk
hidup dengan lingkungan sekitarnya
|
Interaksi Mahluk Hidup dan Lingkungannya
|
||
3.9 Mendeskripsikan
pencemaran dan dampaknya bagi makhluk hidup
|
Dampak Pencemaran bagi Kehidupan
|
||
3.10 Mendeskripsikan tentang penyebab
terjadinya pemanasan global dan dampaknya bagi ekosistem
4.13 Menyajikan
data dan informasi tentang pemanasan global dan memberikan usulan penanggulangan
masalah
|
Pemanasan Global dan Ekosistem
|
PLOTING
MATERI IPA
KELAS
VIII TAHUN PELAJARN 2014/2015
KI
1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2 :
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli
(toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinter-aksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya
KI 3 :
Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI 4 :
Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,
merangkai, memodiikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca,
menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah
dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
NO
|
SEMESTER
|
KD
|
BAB
|
1
|
UTS
1
|
3.1 Memahami
gerak lurus, dan pengaruh gaya terhadap gerak berdasarkan Hukum Newton, serta
penerapannya pada gerak makhluk hidup dan gerak benda dalam kehidupan
sehari-hari.
4.1 Melakukan penyelidikan tentang gerak,
gerak pada makhluk hidup, dan percobaan tentang pengaruh gaya terhadap gerak.
|
Gerak pada
makhluk hidup dan benda
|
3.4
Mendeskripsikan struktur rangka dan otot manusia, serta fungsinya pada
berbagai kondisi
4.4 Menyajikan
tulisan tentang upaya menjaga kesehatan rangka manusia dikaitkan dengan zat
gizi makanan dan perilaku sehari-hari
3.5
Mendeskripsikan kegunaan pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari dan
hubungannya dengan kerja otot pada struktur rangka manusia.
4.5 Melakukan penyelidikan tentang
keuntungan mekanik pada pesawat sederhana
|
Rangka, Otot dan
pesawat sederhana
|
||
3.2. Menjelaskan
keterkaitan struktur jaringan tumbuhan dan fungsinya, serta berbagai
pemanfaatannya dalam teknologi yang terilhami oleh struktur tersebut,
4.2 Melakukan
pengamatan terhadap struktur jaringan tumbuhan, serta menghasilkan ide
teknologi sederhana yang terilhami oleh struktur tersebut (misalnya desain
bangunan)
|
Struktur dan
fungsi jaringan tumbuhan serta pemanfaatannya dalam teknologi
|
||
2
|
US
1
|
3.1 Memahami
gerak lurus, dan pengaruh gaya terhadap gerak berdasarkan Hukum Newton, serta
penerapannya pada gerak makhluk hidup dan gerak benda dalam kehidupan
sehari-hari.
4.1 Melakukan penyelidikan tentang gerak,
gerak pada makhluk hidup, dan percobaan tentang pengaruh gaya terhadap gerak.
|
Gerak pada
makhluk hidup dan benda
|
3.4
Mendeskripsikan struktur rangka dan otot manusia, serta fungsinya pada
berbagai kondisi
4.4 Menyajikan
tulisan tentang upaya menjaga kesehatan rangka manusia dikaitkan dengan zat
gizi makanan dan perilaku sehari-hari
3.5
Mendeskripsikan kegunaan pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari dan
hubungannya dengan kerja otot pada struktur rangka manusia.
4.5 Melakukan penyelidikan tentang
keuntungan mekanik pada pesawat sederhana
|
Rangka, Otot dan
pesawat sederhana
|
||
3.2. Menjelaskan
keterkaitan struktur jaringan tumbuhan dan fungsinya, serta berbagai
pemanfaatannya dalam teknologi yang terilhami oleh struktur tersebut,
4.2 Melakukan
pengamatan terhadap struktur jaringan tumbuhan, serta menghasilkan ide
teknologi sederhana yang terilhami oleh struktur tersebut (misalnya desain
bangunan)
|
Struktur dan
fungsi jaringan tumbuhan serta pemanfaatannya dalam teknologi
|
||
3.3
Mendeskripsikan keterkaitan sifat bahan dan pemanfaatannya dalam kehidupan
sehari-hari, serta pengaruh pemanfaatan bahan tertentu terhadap kesehatan
manusia
4.3 Melakukan penyelidikan tentang
sifat-sifat bahan dan mengusulkan ide-ide pemanfaatan bahan berdasarkan
sifatnya dalam kehidupan sehari-hari
|
Sifat bahan dan
pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari
|
||
3.6
Mendeskripsikan sistem pencernaan serta keterkaitannya dengan sistem
pernapasan, sistem peredaran darah, dan penggunaan energi makanan
4.6 Melakukan
penyelidikan tentang pencernaan mekanis dan enzimatis pada makanan
|
Sistem pencernaan
makanan
|
||
3.7 Mendeskripsikan
zat aditif (alami dan buatan) dalam makanan dan minuman (segar dan dalam
kemasan), dan zat adiktif-psikotropika serta pengaruhnya terhadap kesehatan
4.7 Menyajikan
data, informasi, dan mengusulkan ide pemecahan masalah untuk menghindari terjadinya
penyalahgunaan zat aditif dalam makanan dan minuman serta zat
adiktif-psikotropika
|
Zat aditif dan
zat adiktif
|
||
3
|
UTS
2
|
3.8 Memahami
tekanan pada zat cair dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari untuk
menjelaskan tekanan darah, difusi pada peristiwa respirasi, dan tekanan
osmosis
4.8 Melakukan
percobaan untuk menyelidiki tekanan cairan pada kedalaman tertentu, gaya
apung, kapilaritas (menyelidiki transport cairan dalam batang tumbuhan) dan
tekanan cairan pada ruang tertutup
|
Sistem Tranpor-
tasi Dan Respi-
rasi
|
3.9 Menjelaskan
struktur dan fungsi sistem eksresi pada manusia dan penerapannya dalam
menjaga kesehatan diri.
4.9 Membuat peta
pikiran (mapping mind) tentang struktur dan fungsi sistem eksresi pada
manusia dan penerapanya dalam menjaga kesehatan diri
|
Sistem Ekskresi
|
||
4
|
US
2
|
3.8 Memahami
tekanan pada zat cair dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari untuk
menjelaskan tekanan darah, difusi pada peristiwa respirasi, dan tekanan
osmosis
4.8 Melakukan
percobaan untuk menyelidiki tekanan cairan pada kedalaman tertentu, gaya
apung, kapilaritas (menyelidiki transport cairan dalam batang tumbuhan) dan
tekanan cairan pada ruang tertutup
|
Sistem Tranpor-
tasi Dan Respi-
rasi
|
3.9 Menjelaskan
struktur dan fungsi sistem eksresi pada manusia dan penerapannya dalam
menjaga kesehatan diri.
4.9 Membuat peta
pikiran (mapping mind) tentang struktur dan fungsi sistem eksresi pada
manusia dan penerapanya dalam menjaga kesehatan diri
|
Sistem Ekskresi
|
||
3.10 Memahami
konsep getaran, gelombang, bunyi, dan pendengaran, serta penerapannya dalam
sonar pada hewan dan dalam kehidupan sehari-hari
4.10 Melakukan pengamatan atau percobaan
tentang getaran, gelombang, dan bunyi
|
Indera Pendeng-
aran dan Sistem
Sonar
|
||
3.11
Mendeskripsikan sifat-sifat cahaya, pembentukan bayangan, serta aplikasinya
untuk menjelaskan penglihatan manusia, proses pembentukan bayangan pada mata
serangga, dan prinsip kerja alat optik
4.11 Membuat laporan hasil penyelidikan
tentang pembentukan bayangan pada cermin, lensa, dan alat optik
|
Indera
Penglihatan dan Alat
Optik
|
||
3.12
Mendeskripsikan struktur bumi untuk menjelaskan fenomena gempa bumi dan
gunung api, serta tindakan yang diperlukan untuk mengurangi resiko bencana
|
Sistem Tata
Surya dan Ke-
hidupan di bumi
|
PLOTING
MATERI IPA
KELAS
IX (SEMBILAN) TAHUN PELAJARN 2014/2015
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
MID SEMESTER 1
|
|
1. Memahami berbagai sistem dalam kehidupan
manusia
|
1.1 Mendeskripsikan sistem ekskresi pada
manusia dan hubungannya dengan kesehatan
1.2 Mendeskripsikan sistem reproduksi dan
penyakit yang berhubungan dengan sistem reproduksi pada manusia
1.3 Mendeskripsikan sistem koordinasi dan alat
indera pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan
|
2.
Memahami kelangsungan hidup makhluk hidup
|
2.1 Mengidentifikasi kelangsungan hidup
makhluk hidup melalui adaptasi, seleski alam, dan perkembangbiakan
2.2 Mendeskripsikan
konsep pewarisan sifat pada makhluk hidup
2.3 Mendeskripsikan
proses pewarisan dan hasil pewarisan sifat dan penerapannya.
2.4 Mendeskripsikan penerapan bioteknologi dalam mendukung
kelangsungan hidup manusia melalui produksi pangan
|
MASIH PROSES
PENYUSUNAN
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar