Rabu, 02 Desember 2015

PLOTING MATERI IPA


NO
KD
MATERI POKOK
INDIKATOR
BENTUK SOAL

3.1. Memahami konsep pengukuran berbagai besaran yang ada pada diri, makhluk hidup, dan lingkungan fisik sekitar sebagai bagian dari observasi, serta pentingnya perumusan satuan terstandar (baku) dalam pengukuran
Objek IPA dan Pengamatannya
·         Pengukuran
·         Besaran pokok dan turunan

·  Siswa dapat Menjelaskan pengertian pengukuran.
·  Siswa dapat Menjelaskan pentingnya satuan baku.
·  Siswa dapat Melakukan konversi satuan dalam SI dengan memanfaatkan nilai awalannnya.
·  Siswa dapat Menjelaskan pengertian besaran pokok.
·  Siswa dapat Menyebutkan 3 besaran pokok beserta satuannya
PG
PG
PG

PG
Essay

4.1. Menyajikan hasil pengukuran terhadap besaran-besaran pada diri, makhluk hidup, dan lingkungan fisik dengan menggunakan satuan tak baku dan satuan baku
·  Siswa dapat mengidentifikasi alat-alat ukur besaran turunan pada kegiatan mengukur dalam kehidupan sehari-hari .
·   Siswa dapat menentukan satuan  besaran turunan dalam kehidupan sehari-hari dengan kegiatan mengukur
·   Siswa dapat menerapkan pengetahuan mengukur besaran turunan dalam kehidupan sehari-hari
·   Menerapkan pengamatan (termasuk pengukuran) untuk memecahkan masalah yang relevan dalam kehidupan sehari-hari
·   Menyebutkan 3 contoh besaran turunan  beserta satuannya.
·   menentukan  besaran yang dapat diukur pada makhluk hidup yang ada dilingkungan sekitar.
PG

PG

Essay
PG
PG

PG
PG

3.2 Mengidentifikasi ciri hidup dan tak hidup dari benda-benda dan makhluk hidup yang ada di lingkungan sekitar
Klasifikasi Benda
·  Makhluk hidup
·   Benda Tak hidup
·  Mengidentifikasi  makhluk hidup dan benda tak hidup di sekitar lingkungan peserta didik
·   Mengidentifikasi benda - benda tak hidup berdasarkan sifat yang dimiliki.
PG

PG




4.2 Menyajikan hasil analisis data observasi terhadap benda (makhluk) hidup dan tak hidup

·   Menjelaskan sifat-sifat yang dimiliki zat padat, zat cair dan zat gas.
·   Menjelaskan zat gas yang ada dalam proses fotosintesis.
·   Memberi contoh zat gas yang berbahaya bagi kesehatan manusia.
·  Mengidentifikasi benda-benda/ materi ke dalam jenis unsur,senyawa, atau campuran
·  Menunjukkan unsur, senyawa dan campuran yang sudah dikenal dalam kehidupan sehari-hari
·  Mengidentifikasi contoh pemanfaatan unsur,senyawa  atau campuran dalam kehidupan sehari-hari
PG

PG
PG
PG

Essay

PG

3.3 Memahami prosedur pengklasifikasian makhluk hidup dan benda-benda tak-hidup sebagai bagian kerja ilmiah, serta mengklasifikasikan berbagai makhluk hidup dan benda-benda tak-hidup berdasarkan ciri yang diamati
Klasifikasi Makhluk Hidup
·        Klasifikasi dikotom dan kunci determinasi
·        Kelompok makhluk hidup yang berukuran kecil (mikroskopis)
·        Kelompok jamur (fungi)
Kelompok hewan
·   Menjelaskan konsep klasifikasi makhluk hidup
·   Menjelaskan manfaat klasifikasi makhluk hidup
·   Menjelaskan dasar yang dipakai dalam mengklasifikasikan makhluk hidup
·  Mengklasifikasikan makhluk hidup dengan cara dikotom
·  Membuat kunci determinasi
·  Melakukan pengamatan terhadap Kingdom Monera, protista dan Fungi
·  Mengenal masing-masing karakteristik dari kingdom Kingdom Monera, protista dan Fungi
PG
PG
PG

PG
Essay
PG

PG

4.3 Mengumpulkan data dan melakukan klasifikasi terhadap benda-benda, tumbuhan, dan hewan yang ada di lingkungan sekitar
·  Mengenal masing-masing karakteristik dari kingdom Plantae


·  Melakukan pengamatan terhadap Kingdom Animalia

·  Mengenal masing-masing karakteristik dari kingdom Animalia
·  Menyebutkan bagian-bagian mikroskop beserta fungsinya
PG


PG

PG
Essay

Tidak ada komentar:

Posting Komentar