NO
|
KD
|
MATERI
POKOK
|
INDIKATOR
|
BENTUK
SOAL
|
3.1. Memahami konsep pengukuran berbagai besaran yang ada
pada diri, makhluk hidup, dan lingkungan fisik sekitar sebagai bagian dari
observasi, serta pentingnya perumusan satuan terstandar (baku) dalam
pengukuran
|
Objek
IPA dan Pengamatannya
·
Pengukuran
·
Besaran pokok dan turunan
|
·
Siswa
dapat Menjelaskan pengertian pengukuran.
·
Siswa
dapat Menjelaskan pentingnya satuan baku.
· Siswa dapat Melakukan
konversi satuan dalam SI dengan memanfaatkan nilai awalannnya.
·
Siswa
dapat Menjelaskan pengertian besaran pokok.
· Siswa dapat Menyebutkan
3 besaran pokok beserta satuannya
|
PG
PG
PG
PG
Essay
|
|
4.1. Menyajikan hasil pengukuran terhadap besaran-besaran
pada diri, makhluk hidup, dan lingkungan fisik dengan menggunakan satuan tak
baku dan satuan baku
|
· Siswa dapat mengidentifikasi
alat-alat ukur besaran turunan pada kegiatan mengukur dalam kehidupan
sehari-hari .
·
Siswa
dapat menentukan satuan besaran
turunan dalam kehidupan sehari-hari dengan kegiatan mengukur
·
Siswa dapat menerapkan pengetahuan
mengukur besaran turunan dalam kehidupan sehari-hari
·
Menerapkan pengamatan (termasuk pengukuran)
untuk memecahkan masalah yang relevan dalam kehidupan sehari-hari
·
Menyebutkan 3 contoh besaran turunan beserta satuannya.
·
menentukan
besaran yang dapat diukur pada makhluk hidup yang ada dilingkungan
sekitar.
|
PG
PG
Essay
PG
PG
PG
PG
|
||
3.2 Mengidentifikasi ciri hidup dan tak hidup dari
benda-benda dan makhluk hidup yang ada di lingkungan sekitar
|
Klasifikasi
Benda
· Makhluk
hidup
·
Benda Tak hidup
|
· Mengidentifikasi makhluk hidup dan benda tak hidup di
sekitar lingkungan peserta didik
·
Mengidentifikasi
benda - benda tak hidup berdasarkan sifat yang dimiliki.
|
PG
PG
|
|
4.2
Menyajikan hasil analisis data observasi terhadap benda (makhluk) hidup dan
tak hidup
|
·
Menjelaskan
sifat-sifat yang dimiliki zat padat, zat cair dan zat gas.
·
Menjelaskan
zat gas yang ada dalam proses fotosintesis.
·
Memberi
contoh zat gas yang berbahaya bagi kesehatan manusia.
· Mengidentifikasi benda-benda/
materi ke dalam jenis unsur,senyawa, atau campuran
· Menunjukkan unsur, senyawa dan
campuran yang sudah dikenal dalam kehidupan sehari-hari
· Mengidentifikasi contoh
pemanfaatan unsur,senyawa atau campuran
dalam kehidupan sehari-hari
|
PG
PG
PG
PG
Essay
PG
|
||
3.3 Memahami prosedur pengklasifikasian makhluk hidup dan
benda-benda tak-hidup sebagai bagian kerja ilmiah, serta mengklasifikasikan
berbagai makhluk hidup dan benda-benda tak-hidup berdasarkan ciri yang
diamati
|
Klasifikasi
Makhluk Hidup
·
Klasifikasi dikotom dan kunci
determinasi
·
Kelompok makhluk hidup yang berukuran
kecil (mikroskopis)
·
Kelompok jamur (fungi)
Kelompok
hewan
|
·
Menjelaskan konsep klasifikasi makhluk hidup
·
Menjelaskan manfaat klasifikasi makhluk
hidup
·
Menjelaskan dasar yang dipakai dalam
mengklasifikasikan makhluk hidup
· Mengklasifikasikan makhluk
hidup dengan cara dikotom
· Membuat kunci determinasi
· Melakukan
pengamatan terhadap Kingdom Monera,
protista dan Fungi
· Mengenal
masing-masing karakteristik dari kingdom
Kingdom Monera, protista dan Fungi
|
PG
PG
PG
PG
Essay
PG
PG
|
|
4.3 Mengumpulkan data dan melakukan klasifikasi terhadap
benda-benda, tumbuhan, dan hewan yang ada di lingkungan sekitar
|
· Mengenal
masing-masing karakteristik dari kingdom
Plantae
· Melakukan
pengamatan terhadap Kingdom Animalia
· Mengenal
masing-masing karakteristik dari kingdom
Animalia
· Menyebutkan
bagian-bagian mikroskop beserta fungsinya
|
PG
PG
PG
Essay
|
Rabu, 02 Desember 2015
PLOTING MATERI IPA
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar