KISI-KISI
SOAL IPA
UJIAN TENGAH SEMESTER I
KELAS VII TH PELAJARAN 2013-2014
Sekolah : SMP Alokasi
Waktu : 120 Menit
Mata pelajaran : IPA Jumlah
Soal : 50 butir
Kurikulum : KTSP Penyusun :
TIM MGMP IPA
No
|
Kompetensi
Dasar
|
Bahan
Kelas/smt
|
Materi/
Pokok
Bahasan
|
Indikator
Soal
|
Bentuk
Tes
|
No.
Soal
|
1
|
1.1
. Mendeskripsikan besaran
pokok dan besaran turunan beserta satuannya
|
VII/I
|
Pengukuran
|
Disajikan pernyataan tentang
pengukuran, siswa dapat menunjukkan suatu besaran
|
PG
|
1
|
2
|
|
|
|
Disajikan 4 macam pernyataan tentang
besaran, siswa dapat menunjukkan kelompok besaran pokok
|
PG
|
2
|
3
|
|
|
|
Disajikan 4 macam pernyataan tentang
besaran, siswa dapat menunjukkan kelompok besaran pokok
|
PG
|
3
|
4
|
|
|
|
Disajikan table, siswa dapat
menunjukkan pasangan besaran dan satuannya yang sesuai menurut Sistem
Internasional (SI)
|
PG
|
4
|
5
|
|
|
|
Disajikan satuan kecepatan dalam
KM/jam, siswa dapat menunjukkan pilihan yang benar bila satuan tersebut
dirubah dalam satuan m/s
|
PG
|
5
|
6
|
|
|
|
Disajikan ukuran panjang dan lebar dari
suatu benda, siswa dapat menentukan luas dari benda tersebut
|
PG
|
6
|
7
|
|
|
|
Disajikan 4 macam pernyataan, siswa
dapat menunjukkan pernyataan yang merupakan syarat-syarat dari satuan baku
|
PG
|
7
|
8
|
|
|
|
Disajikan data tentang ukuran panjang,
lebar dan tinggi sebuah bak mandi, siswa dapat menentukan volume bak mandi
tersebut dalam satuan liter
|
essay
|
46
|
9
|
1.1 Mendeskripsikan pengertian
suhu dan pengukurannya
|
VII/I
|
Suhu dan pengukuran
|
Siswa dapat menyebutkan zat yang biasa digunakan untuk mengisi tabung
termometer klinis
|
PG
|
8
|
|
|
|
|
Siswa dapat menjelaskankan prinsip perubahan suhu pada termomeeter
|
PG
|
9
|
|
|
|
|
Siswa dapat menyebutkan Kelebihan raksa jika digunakan untuk mengisi tabung
termometer
|
PG
|
10
|
|
|
|
|
Siswa dapat menentukan rentang skala pada termometer klinis
|
PG
|
11
|
|
|
|
|
Siswa dapat menentukan
perubahan skala pada thermometer klinis
|
PG
|
12
|
|
|
|
|
Siswa dapat menentukan suhu badan seseorang
jika diukur dengan Thermometer Fahrenheit, Rheamur dan Kelvin
|
ESSAY
|
47
|
|
1.3 Melakukan pengukuran
dasar secara teliti dengan menggunakan alat ukur yang sesuai dan sering
digunakan dalam kehidupan sehari-hari
|
VII/I
|
Menggunakan alat ukur
|
Siswa dapat menentukan kriteria alat ukur yang baik
|
PG
|
13
|
|
|
|
|
Siswa dapat menentukan Kesalahan dalam pengukuran yang disebabkan oleh
skala alat ukur yang tidak sama
|
PG
|
14
|
|
|
|
|
Disajikan gambar, siswa
dapat menentukan Alat ukur yang
digunakan untuk mengukur massa dan volume balok
|
PG
|
15
|
|
|
|
|
Siswa dapat menentukan hasil pengukuran massa benda yang ditunjukkan neraca ohaus
|
PG
|
16
|
|
|
|
|
Disajikan gambar, siswa
dapat menunjukkan prosedur pengukuran volume benda tak
beraturan.
|
PG
|
17
|
|
|
|
|
Siswa dapat membaca Stop watch dengan
benar
|
PG
|
18
|
|
|
|
|
Siswa dapat menentukan jumlah kubus kecil yang diperlukan untuk
mengisi kubus besar supaya penuh
|
ESSAY
|
48
|
19
|
2.1
Mengelompokkan sifat larutan asam, larutan basa, dan larutan garam
melalui alat dan indikator yang tepat
|
VII/I
|
Sifat asam, basa dan garam
|
siswa dapat mengidentifikasi sifat
larutan asam
|
PG
|
19
|
|
|
|
|
siswa dapat menentukan jenis asam yang
terkandung dalam zat
|
PG
|
20
|
|
|
|
|
siswa dapat memberi contoh garam dalam
kehidupan sehari-hari
|
PG
|
21
|
|
|
|
|
siswa dapat mengidentifikasi indicator
alami
|
PG
|
22
|
|
|
|
|
Disajikan table, siswa dapat
mengidentifikasi sifat larutan dengan menggunakan kertas lakmus
|
PG
|
23
|
|
|
|
|
Siswa dapat menyebutkan contoh kegunaan
reaksi penetralan bagi manusia
|
PG
|
24
|
|
|
|
|
Siswa dapat menjelaskan pH larutan
|
PG
|
25
|
|
|
|
|
Siswa dapat menentukan jenis warna
kertas lakmus bila dimasukkan dalam larutan
|
PG
|
26
|
|
2.2 Melakukan percobaan sederhana dengan bahan-bahan
yang diperoleh dalam kehidupan sehari-hari.
|
VII/I
|
Percobaan Asam,basa, garam
|
Mengidentifikasi larutan yang bersifat
basa
|
PG
|
27
|
|
|
|
|
Menganalisis suatu kasus peristiwa netralisasi
larutan yang bersifat asam dengan larutan yang bersifat basa
|
PG
|
28
|
|
|
|
|
Mengidentifikasi bahan makanan yang mengandung
larutan yang bersifat asam
|
PG
|
29
|
|
|
|
|
Menganalisis/mengidentifikasi hasil percobaan
larutan yang bersifat basa dengan menggunakan indikator alami
|
PG
|
30
|
|
|
|
|
Menganalisis hasil percobaan identifikasi larutan
menggunakan indicator buatan /kertas lakmus
|
PG
|
31
|
|
|
|
|
Menganalisis hasil percobaan identifikasi larutan
menggunakan indicator buatan /kertas lakmus
|
PG
|
32
|
|
|
|
|
Menganalisis hasil percobaan
identifikasi larutan menggunakan
indicator buatan /kertas lakmus
|
PG
|
33
|
|
2.3 Menjelaskan nama unsur dan rumus
kimia sederhana
|
VII/I
|
Unsur
|
Siswa dapat menyebutkan
lambing unsur emas, kalsium
dan karbon
|
PG
|
34
|
|
|
|
|
Siswa dapat menyebutkan
contoh-contoh kelompok unsur
|
PG
|
35
|
|
|
|
|
Siswa dapat
menentukan unsur – unsur penyusunnya
Melalui reaksi kimia
|
PG
|
36
|
|
|
|
|
Disajikan data, siswa dapat menyebutkan
kelompok molekul unsur
|
PG
|
37
|
|
|
|
|
Disajikan data, siswa dapat
menyebutkan kelompok campuran
|
PG
|
38
|
|
|
|
|
Siswa dapat menyebutkan
contoh kelompok campuran homogen
|
PG
|
39
|
|
|
|
|
Siswa dapat menyebutkan jumlah dan nama atom yang ada pada zat
|
ESSAY
|
49
|
|
2.4 Membandingkan sifat unsur,
senyawa, dan campuran
|
VII/I
|
Senyawa dan campuran
|
Siswa dapat menyebutkan contoh unsur
|
PG
|
40
|
|
|
|
|
Siswa
dapat menyebutkan Lambang
unsur tembaga dan nitrogen
|
PG
|
41
|
|
|
|
|
Disajikan
data, siswa dapat menyebutkan sifat-sifat
senyawa
|
PG
|
42
|
|
|
|
|
Siswa
dapat mendefinisikan lambang H2O dan NH3
|
PG
|
43
|
|
|
|
|
Siswa dapat
menyebutkan contoh yang termasuk campuran homogen
|
PG
|
44
|
|
|
|
|
Siswa dapat menyebutkan kelompok unsur-unsur logam
|
PG
|
45
|
|
|
|
|
Siswa dapat menybutkan tiga perbedaan antara senyawa dan campuran
|
ESSAY
|
50
|
KISI-KISI SOAL IPA
UJIAN TENGAH SEMESTER I
KELAS VIII TH PELAJARAN 2013-2014
Sekolah : SMP Alokasi
Waktu : 120 Menit
Mata
pelajaran : IPA Jumlah
Soal :
50 Butir
Kurikulum : KTSP Penyusun
:
TIM MGMP IPA SMP
No
|
Kompetensi Dasar
|
Bahan
Kelas/smt
|
Materi/
Pokok Bahasan
|
Indikator Soal
|
Bentuk Tes
|
No. Soal
|
||||||||
1
|
1.1
Menganalisis pentingnya pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk
hidup
|
VIII/1
|
Pertumbuhan
dan perkembangan makhluk hidup
|
Disajikan data/stimulus, siswa dapat
mengidentifikasi faktor yang mempengaruhi pertumbuhan tumbuhan
|
PG
|
1
|
||||||||
2
|
|
|
|
Disajikan stimulus, siswa dapat
menyebutkan hormon pada tumbuhan berdasarkan fungsinya
|
PG
|
2
|
||||||||
3
|
|
|
|
Disajikan skema, siswa dapat menyebutkan
urutan proses metagenesis pada tumbuhan paku
|
PG
|
3
|
||||||||
4
|
|
|
|
Disajikan data, siswa dapat
mengelompokkan hewan yang mengalami metamorfosis tidak sempurna
|
PG
|
4
|
||||||||
5
|
|
|
|
Disajikan stimulus, siswa dapat
menyebutkan tahapan perkembangan embrio hewan
|
PG
|
5
|
||||||||
6
|
1.2
Mendeskripsikan
tahapan perkembangan manusia
|
|
Pertumbuhan
dan perkembangan manusia
|
Disajikan gambar, siswa dapat
menyebutkan fungsi bagian organ reproduksi perempuan.
|
PG
|
6
|
||||||||
|
1.3 Mendeskripsikan sistem gerak pada manusia
dan hubungannya dengan kesehatan
|
|
Sietem Gerak pada hewan
|
Disajikan bernagai contoh tulang, siswa
dapat mengelompokkan tulang berdasarkan bentuk
|
PG
|
7
|
||||||||
|
|
|
|
Disajikan bermacam-macam jenis tulang,
siswa dapat menyebutkan beberapa tulang yang tterdapat pada tulang
tengkorak
|
PG
|
8
|
||||||||
|
|
|
|
Disajikan ciri-ciri otot , siswa dapat
menyebutkan ciri-ciri otot dengan benar
|
PG
|
9
|
||||||||
|
|
|
|
Disajikan gambar tulang pada kaki, siswa
dapat menentukan jenis persendian pada lutut
|
PG
|
10
|
||||||||
|
|
|
|
Disajikan bermacam-macam persambungan
antar tulang,Siswa dapat menentukan sendi peluru
|
PG
|
11
|
||||||||
|
|
|
|
Disajikan berbagai macam kelainan
tulang belakang, siswa dapat menentukan kelainan tulang belakang lordosis
|
PG
|
12
|
||||||||
|
|
|
|
1. Menyebutkan
fungsi sistem pencernaan manusia melalui gambar
|
PG
|
13
|
||||||||
2. Menjelaskan
uji kualitas makanan
|
PG
|
14
|
||||||||||||
3. Menjelaskan
enzim-enzim yang berperan pada proses
pencernaan
|
PG
|
15
|
||||||||||||
4. Menyebutkan
fungsi lemak dalam tubuh
|
PG
|
16
|
||||||||||||
5. Menyebutkan
urutan saluran pencernaan manusia
|
PG
|
17
|
||||||||||||
6. Menyebutkan
gangguan pada saluran pencernaan
|
PG
|
18
|
||||||||||||
1.
|
1.5 Mendeskripsikan sistem pernapasan pada
manusia dan hubungannya dengan kesehatan.
|
|
Sistem pernapasan pada manusia
|
Siswa dapat menyebutkan organ
penyusun sistem pernapasan manusia
|
PG
|
19
|
||||||||
Siswa dapat menunjukkan organ sistem
pernapasan pada gambar
|
PG
|
20
|
||||||||||||
Siswa dapat mengetahui proses
inspirasi dan ekspirasi
|
PG
|
21
|
||||||||||||
Siswa dapat membedakan proses
inspirasi dan ekspirasi
|
PG
|
22
|
||||||||||||
Siswa dapat menyebutkan faktor-faktor
yang mempengaruhi frekuensi pernapasan
|
PG
|
23
|
||||||||||||
Siswa dapat mengetahui hasil dari
percobaan respirasi
|
PG
|
24
|
||||||||||||
Siswa dapat menyebutkan macam-macam
penyakit yang terjadi pada sistem pernapasan
|
PG
|
25
|
||||||||||||
Siswa dapat menyebutkan akibat dari
penyakit sistem pernapasan
|
PG
|
26
|
||||||||||||
|
1.6 Mendeskripsikan sistem peredaran darah pada
manusia dan hubungannya dengan kesehatan
|
|
Sistem peredaran darah pada manusia
|
Membandingkan macam organ penyusun sistem peredaran darah pada
manusia
|
PG
|
27,
28
|
||||||||
Menjelaskan fungsi
jantung, fungsi pembuluh darah dan darah dalam sistem peredaran darah
|
PG
|
29
30
31
|
||||||||||||
Mendata contoh penyakit yang berhubungan dengan sistem
peredaran darah yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari
|
PG
|
32
33
|
||||||||||||
|
2.1 Mengidentifikasi
struktur dan fungsi jaringan tumbuhan
2.2
Mendeskripsikan proses perolehan nutrisi dan transformasi energi pada
tumbuhan hijau
|
|
|
Disajikan gambar penampang melintang akar, siswa
dapat menyebutkan fungsi bagian-bagian akar
Disajikan gambar enampang melintang batang tumbuhan
dikotil, siswa dapat menyebutkan fungsi jaringan pada batang
Disajikan gambar penampang melintang irisan daun,
siswa dapat menunjukkan klorofil
Siswa dapat menunjukkan jaringan pengangkut pada
batang
Siswa dapat
menuliskan reaksi kimia fotosintesis
Disajikan perangkat percobaan Sach, siswa dapat
menjelaskan tujuan dari tahap-tahap percobaan
Disajikan perangkat
percobaan Ingenhouse, siswa dapat menyebutkan gas yang dihasilkan dari
percobaan tersebut
|
PG
PG
PG
PG
PG
PG
|
34
35
36
37
38
39
40
|
||||||||
|
2.3
Mengidentifikasi macam-macam gerak pada tumbuhan
2.4 Mengidentifikasi hama dan penyakit pada
organ tumbuhan yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari
|
|
|
Disajikan gambar, siswa dapat menunjukkan gerak
tropisme
Disajikan data, siswa dapat menyebutkan contoh gerak
nasti
Disajikan gambar, siswa dapat menyebutkan contoh
gerak tropisme
Siswa dapat mendefinisikan penyakit pada tanaman
Siswa dapat menyebutkan jenis penyakit pada tanaman
|
PG
PG
PG
PG
PG
|
41
42
43
44
45
|
||||||||
1
|
1.2 Mendeskripsikan tahapan perkembangan manusia
|
Pertumbuhan
dan perkembangan manusia
|
Siswa dapat menyebutkan ciri-ciri
pubertas pada laki-laki dan perempuan
|
Essay
|
46
|
|||||||||
|
1.3 Mendeskripsikan sistem gerak pada manusia
dan hubungannya dengan kesehatan
|
Sistem Gerak pada manusia
|
Siswa dapat menjelaskan beberapa
kelainan pada sistem gerak pada manusia
|
Essay
|
47
|
|||||||||
|
1.4 Mendeskrip-sikan
sistem percernaan pada manusia dan hubungan-nya dengan kesehatan
|
Sistem Pencernaan pada manusia
|
Siswa dapat menyebutkan enzim-enzim
yang dihasilkan oleh lambung beserta fungsinya
|
Essay
|
48
|
|||||||||
|
1.6
Mendeskripsikan sistem peredaran darah pada manusia dan hubungannya
dengan kesehatan
|
Sistem Perdaran Darah pada Manusia
|
Siswa dapat menyebutkan macam-macam
gangguan atau penyakit yang berhhubungan dengan system peredaran darah pada
manusia
|
Essay
|
49
|
|||||||||
|
2.2 Mendeskripsikan proses perolehan
nutrisi dan transformasi energi pada tumbuhan hijau
|
Fotosintesis
|
Siswa dapat menyebutkan factor-faktor
yang mempengaruhi proses berlangsungnya fotosintesis
|
Essay
|
50
|
KISI – KISI SOAL UJIAN TENGAH SEMESTER I
TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014
Jenis Sekolah :
SMP Alokasi
Waktu : 120 Menit
Mata Pelajaran :
IPA ( Ilmu Pengetahuan Alam ) Jumlah
Soal : 50 Soal
Kurikulum : Standar Isi 2006 ( KTSP ) Penulis :
Tim Kelas
9
No
|
Kompetensi Dasar
|
Bahan
Kelas/ Smt
|
Materi/
Pokok
Bahasan
|
Indikator
soal
|
Bentuk
soal
|
No
Soal
|
1
|
Mendeskripsikan sistem ekskresi pada manusia dan
hubungannya dengan kesehatan
|
IX / I
|
Sistem
ekskresi pada manusia
|
Siswa
mampu menjelaskan fungsi system ekskresi pada manusia.
|
PG
|
1
|
2
|
Mendeskripsikan sistem ekskresi pada manusia dan
hubungannya dengan kesehatan
|
IX / I
|
Sistem
ekskresi pada manusia
|
Disajikan
gambar, siswa mampu menunjukkan tempat berlangsungnya proses ekskresi.
|
PG
|
2
|
3
|
Mendeskripsikan sistem ekskresi pada manusia dan
hubungannya dengan kesehatan
|
IX / I
|
Sistem
ekskresi pada manusia
|
Siswa
mampu menjelaskan urutan proses ekskresi
|
PG
|
3
|
4
|
Mendeskripsikan sistem ekskresi pada manusia dan
hubungannya dengan kesehatan
|
IX / I
|
Sistem
ekskresi pada manusia
|
Siswa
mampu menjelaskan fungsi salah satu alat ekskresi pada manusia
|
PG
|
4
|
5
|
Mendeskripsikan sistem ekskresi pada manusia dan
hubungannya dengan kesehatan
|
IX / I
|
Sistem
ekskresi pada manusia
|
Siswa
mampu menunjukkan alat ekskresi dan zat yang dihasilkan
|
PG
|
5
|
6
|
Mendeskripsikan sistem ekskresi pada manusia dan
hubungannya dengan kesehatan
|
IX / I
|
Sistem
ekskresi pada manusia
|
Siswa
mampu menjelaskan penyebab salah satu penyakit pada alat ekskresi manusia
|
PG
|
6
|
7
|
Mendeskripsikan sistem reproduksi dan
penyakit yang berhubungan dengan sistem reproduksi pada manusia.
|
IX / I
|
Sistem
reproduksi pada manusia
|
Disajikan
gambar alat reproduksi wanita, peserta didik dapk menunjukkan tempat
terjadinya pembuahan.
|
PG
|
7
|
8
|
Mendeskripsikan sistem reproduksi dan penyakit yang
berhubungan dengan sistem reproduksi pada manusia.
|
IX / I
|
Sistem
reproduksi pada manusia
|
Peserta
didik dapat menyebutkan secara urut saluran reproduksi pada pria
|
PG
|
8
|
9
|
Mendeskripsikan sistem reproduksi dan penyakit yang
berhubungan dengan sistem reproduksi pada manusia.
|
IX / I
|
Sistem
reproduksi pada manusia
|
Peserta
didik dapat menyebutkan peristiwa bila seorang wanita sudah tidak produktif lagi dan ditandai
tidak mengalami menstruasi
|
PG
|
9
|
10
|
Mendeskripsikan sistem reproduksi dan penyakit yang
berhubungan dengan sistem reproduksi pada manusia.
|
IX / I
|
Sistem
reproduksi pada manusia
|
Peserta
didik dapat menyebutkan tempat terjadinya pembuahan
|
PG
|
10
|
11
|
Mendeskripsikan sistem reproduksi dan penyakit yang
berhubungan dengan sistem reproduksi pada manusia.
|
IX / I
|
Sistem
reproduksi pada manusia
|
Peserta
didik dapat menyebutkan alat reproduksi pria yang berfungsi dalam pematangan
sperma
|
PG
|
11
|
12
|
Mendeskripsikan sistem reproduksi dan penyakit yang
berhubungan dengan sistem reproduksi pada manusia.
|
IX / I
|
Sistem
reproduksi pada manusia
|
Peserta
didik dapat menyebutkan PMS yang disebabkan oleh virus
|
PG
|
12
|
13
|
Mendeskripsikan sistem koordinasi dan alat
indera pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan
|
IX / I
|
Sistem koordinasi dan alat indera pada
manusia dan hubungannya dengan kesehatan
|
Membandingkan bentuk/bangun bagian organ dan/atau organ
penyusun sistem syaraf pada manusia
|
PG
|
13
|
14
|
Mendeskripsikan sistem koordinasi dan alat
indera pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan
|
IX / I
|
Sistem koordinasi dan alat indera pada
manusia dan hubungannya dengan kesehatan
|
Ditunjukkan gambar bagian saraf, siswa dapat
menunjukkan bagian akson
|
PG
|
14
|
15
|
Mendeskripsikan sistem koordinasi dan alat
indera pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan
|
IX / I
|
Sistem koordinasi dan alat indera pada
manusia dan hubungannya dengan kesehatan
|
Ditunjukkan gambar bagian otak, siswa dapat menentukan
fungsi pusat penglihatan
|
PG
|
15
|
16
|
Mendeskripsikan sistem koordinasi dan alat
indera pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan
|
IX / I
|
Sistem koordinasi dan alat indera pada
manusia dan hubungannya dengan kesehatan
|
Siswa
dapat menentukan fungsi hormone pengatur kadar gula dalam darah
|
PG
|
16
|
17
|
Mendeskripsikan sistem koordinasi dan alat
indera pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan
|
IX / I
|
Sistem koordinasi dan alat indera pada
manusia dan hubungannya dengan kesehatan
|
Siswa
dapat menetukan frekuensi getaran yang dapat di dengar oleh manusia
|
PG
|
17
|
18
|
Mendeskripsikan sistem koordinasi dan alat
indera pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan
|
IX / I
|
Sistem koordinasi dan alat indera pada
manusia dan hubungannya dengan kesehatan
|
Siswa
dapat menyebutkan urutan perjalanan gerak biasa
|
PG
|
18
|
19
|
Mengidentifikasi kelangsungan
hidup melalui adaptasi
|
IX / I
|
Kelangsungan
Hidup Organisme
|
Disajikan
beberapa pertanyaan tentang cirri tumbuhan, siswa dapat menentukan cirri
tumbuhan higrofit
|
PG
|
19
|
20
|
Mengidentifikasi
kelangsungan hidup melalui adaptasi
|
IX / I
|
Kelangsungan
Hidup Organisme
|
Disajikan
gambar salah satu bentuk paruh burung, siswa dapat menentukan jenis makanan
yang sesuai
|
PG
|
20
|
21
|
Mengidentifikasi
kelangsungan hidup melalui adaptasi
|
IX / I
|
Kelangsungan
Hidup Organisme
|
Disajikan
gambar salah satu beberapa bentuk kaki burung, siswa dapat menentukan jenis
makanan yang sesuaikaki burung yang berfungsi memegang mangsanya
|
PG
|
21
|
22
|
Mengidentifikasi
kelangsungan hidup melalui adaptasi
|
IX / I
|
Kelangsungan
Hidup Organisme
|
Siswa dapat menentukan cara adaptasi ikan yang hidup pada
daerah yang berkadar garam tinggi.
|
PG
|
22
|
23
|
Mengidentifikasi
kelangsungan hidup melalui adaptasi
|
IX / I
|
Kelangsungan
Hidup Organisme
|
Siswa dapat meyebutkan contoh adaptasi tingkah laku
|
PG
|
23
|
24
|
Mengidentifikasi
kelangsungan hidup melalui adaptasi
|
IX / I
|
Kelangsungan
Hidup Organisme
|
Mendiskripsikan hubungan tingkat reproduksi dengan pelestarian
|
PG
|
24
|
25
|
Mengidentifikasi
kelangsungan hidup melalui adaptasi
|
IX / I
|
Kelangsungan
Hidup Organisme
|
Siswa dapat menjelaskan peran perkembangbiakan bagi
kelangsungan hidup
|
PG
|
25
|
26
|
Mengidentifikasi
kelangsungan hidup melalui adaptasi
|
IX / I
|
Kelangsungan
Hidup Organisme
|
Siswa dapat mengidentifikasi perbedaan perkembangbiakan
vegetatif dengan generatif
|
PG
|
26
|
27
|
Mendeskripsikan konsep pewarisan sifat
pada makhluk hidup
|
IX / I
|
Kelangsungan
Hidup Organisme
|
Di sajikan data , cara perkembangbiakan pada makhluk hidup, siswa dapat menentukan
perkembangbiakan vegetatif
|
PG
|
27
|
28
|
Mendeskripsikan konsep pewarisan sifat
pada makhluk hidup
|
IX / I
|
Kelangsungan
Hidup Organisme
|
Disajikan
data perkembangbiakan generative dan vegetative, siswa dapat menentukan
perkembangbiakan vegetatif
|
PG
|
28
|
29
|
Mendeskripsikan konsep pewarisan sifat
pada makhluk hidup
|
IX / I
|
Kelangsungan
Hidup Organisme
|
Siswa
dapat menjelaskan pewarisan sifat pada makhluk hidup
|
PG
|
29
|
30
|
Mendeskripsikan konsep pewarisan sifat
pada makhluk hidup
|
IX / I
|
Kelangsungan
Hidup Organisme
|
Di
sajikan gambar , siswa dapat menunjukkan gambar pembelahan sel
|
PG
|
30
|
31
|
Mendeskripsikan konsep pewarisan sifat
pada makhluk hidup
|
IX / I
|
Kelangsungan
Hidup Organisme
|
Di sajikan gambar , siswa dapat menunjukkan gambar pembelahan sel
|
PG
|
31
|
32
|
Mendeskripsikan konsep pewarisan sifat
pada makhluk hidup
|
IX / I
|
Kelangsungan
Hidup Organisme
|
Siswa
dapat menyebutkan contoh organisme dan cara perkembangbiakan makhluk hidup
|
PG
|
32
|
33
|
Mendeskripsikan konsep pewarisan sifat
pada makhluk hidup
|
IX / I
|
Kelangsungan
Hidup Organisme
|
Siswa dapat
membandingkan cara
perkembangbiakan generative pada
makhluk hidup
|
PG
|
33
|
34
|
Mendeskripsikan proses pewarisan dan hasil pewarisan
sifat dan penerapannya
|
IX / 1
|
Pewarisan Sifat
|
siswa dapat menentukan hasil persilangan yang sama dengan induk
|
PG
|
34
|
35
|
Mendeskripsikan proses pewarisan dan hasil pewarisan
sifat dan penerapannya
|
IX / 1
|
Pewarisan Sifat
|
siswa dapat menentukan
perbandingan/persentase genotip/fenotip filial dari hasil persilangan intermediet
|
PG
|
35
|
36
|
Mendeskripsikan proses pewarisan dan hasil pewarisan
sifat dan penerapannya
|
IX / 1
|
Pewarisan Sifat
|
siswa dapat menentukan perbandingan Fenotip filial dari hasil
persilangan dihibrid
|
PG
|
36
|
37
|
Mendeskripsikan proses pewarisan dan hasil pewarisan
sifat dan penerapannya
|
IX / 1
|
Pewarisan Sifat
|
siswa dapat menentukan
perbandingan/persentase genotip/fenotip filial dari hasil persilangan
dihibrid dominasi penuh.
|
PG
|
37
|
38
|
Mendeskripsikan proses pewarisan dan hasil pewarisan
sifat dan penerapannya
|
IX / 1
|
Pewarisan Sifat
|
siswa dapat menentukan jenis persilangan berdasarkan perbandingan fenotif yang
dihasilkan
|
PG
|
38
|
39
|
Mendeskripsikan proses pewarisan dan hasil pewarisan
sifat dan penerapannya
|
IX / 1
|
Pewarisan Sifat
|
siswa dapat menentukan fenotif yang sama dari hasil persilangan dihibrid dominasi
penuh
|
PG
|
39
|
40
|
Mendriskripsikan penerapan bioteknologi dalam mendukung kelangsungan
hidup manusia melalui produksi pangan
|
IX / I
|
Bioteknologi
|
Mendata contoh produk pangan hasil
bioteknologi, siswa dapat memberi contoh makanan dan minuman hasil
bioteknologi
|
PG
|
40
|
41
|
Mendriskripsikan penerapan bioteknologi dalam mendukung kelangsungan
hidup manusia melalui produksi pangan
|
IX / I
|
Bioteknologi
|
Disajikan data contoh produk pangan hasil
bioteknologi, siswa dapat menentukan produk biotegnologi
|
PG
|
41
|
42
|
Mendriskripsikan penerapan bioteknologi dalam mendukung kelangsungan
hidup manusia melalui produksi pangan
|
IX / I
|
Bioteknologi
|
Disajikan
table produk bioteknologi, siswa dapat melengkapi data produk bioteknologi
|
PG
|
42
|
43
|
Mendriskripsikan penerapan
bioteknologi dalam mendukung kelangsungan hidup manusia melalui produksi pangan
|
IX / I
|
Bioteknologi
|
Siswa dapat mengidentifikasi manfaat
dan bahaya yang diakibatkan dari penerapan bioteknologi pangan..
|
PG
|
43
|
44
|
Mendriskripsikan penerapan bioteknologi dalam mendukung kelangsungan
hidup manusia melalui produksi pangan
|
IX / I
|
Bioteknologi
|
Siswa dapat mengidentifikasi manfaat
dan bahaya yang diakibatkan dari penerapan bioteknologi pangan..
|
PG
|
44
|
45
|
Mendriskripsikan penerapan bioteknologi dalam mendukung kelangsungan
hidup manusia melalui produksi pangan
|
IX / I
|
Bioteknologi
|
Disajikan
data penerapan bioteknologi, siswa dapat menentukan dampak negative
bioteknologi
|
PG
|
45
|
46
|
Mendeskripsikan
system ekskresi pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan
|
IX / I
|
Sistem
ekskresi pada manusia
|
Siswa
mampu menyebutkan fungsi salah satu alat ekskresi
|
ESSAY
|
46
|
47
|
Mendeskripsikan sistem reproduksi dan penyakit yang
berhubungan dengan sistem reproduksi pada manusia.
|
IX / I
|
Sistem
reproduksi pada manusia
|
Peserta
didik dapat menjelaskan perbedaan kembar identik dengan kembar fraternal
|
ESSAY
|
47
|
48
|
Mendeskripsikan sistem koordinasi dan alat
indera pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan
|
IX / I
|
Sistem koordinasi dan alat indera pada
manusia dan hubungannya dengan kesehatan
|
ESSAY
|
48
|
|
49
|
Mendeskripsikan proses pewarisan dan hasil pewarisan
sifat dan penerapannya
|
IX / 1
|
Pewarisan Sifat
|
siswa dapat membuat diagram persilangan dan menentukan prosentase hasil
persilangan monohybrid dominasi penuh
|
ESSAY
|
49
|
50
|
Mendriskripsikan penerapan bioteknologi dalam mendukung kelangsungan
hidup manusia melalui produksi pangan
|
IX / I
|
Bioteknologi
|
Mengidentifikasi manfaat dan bahaya yang diakibatkan dari
penerapan bioteknologi pangan
|
ESSAY
|
50
|