Jumat, 13 September 2013

KISI-KISI SOAL UTS IPA SMP TP. 2013/2014



KISI-KISI SOAL IPA
UJIAN TENGAH SEMESTER I
KELAS VII TH PELAJARAN 2013-2014

Sekolah                       : SMP                                                        Alokasi Waktu            : 120 Menit
Mata pelajaran             : IPA                                                       Jumlah Soal                 :  50  butir
Kurikulum                   : KTSP                                      Penyusun                     :  TIM MGMP IPA

                                                                        


No
Kompetensi Dasar
Bahan
Kelas/smt
Materi/
Pokok Bahasan
Indikator Soal
Bentuk Tes
No. Soal
1
1.1  . Mendeskripsikan besaran pokok dan besaran turunan beserta satuannya
VII/I
Pengukuran
Disajikan pernyataan tentang pengukuran, siswa dapat menunjukkan suatu besaran
PG
1

2



Disajikan 4 macam pernyataan tentang besaran, siswa dapat menunjukkan kelompok besaran pokok
PG
2
3





Disajikan 4 macam pernyataan tentang besaran, siswa dapat menunjukkan kelompok besaran pokok
PG
3
4



Disajikan table, siswa dapat menunjukkan pasangan besaran dan satuannya yang sesuai menurut Sistem Internasional (SI)
PG
4
5



Disajikan satuan kecepatan dalam KM/jam, siswa dapat menunjukkan pilihan yang benar bila satuan tersebut dirubah dalam satuan m/s
PG
5
6



Disajikan ukuran panjang dan lebar dari suatu benda, siswa dapat menentukan luas dari benda tersebut
PG
6
7



Disajikan 4 macam pernyataan, siswa dapat menunjukkan pernyataan yang merupakan syarat-syarat dari satuan baku
PG
7
8



Disajikan data tentang ukuran panjang, lebar dan tinggi sebuah bak mandi, siswa dapat menentukan volume bak mandi tersebut dalam satuan liter
essay
46
9
1.1  Mendeskripsikan pengertian suhu dan pengukurannya
VII/I
Suhu dan pengukuran
Siswa dapat menyebutkan zat yang biasa digunakan untuk mengisi tabung termometer klinis
PG
8




Siswa dapat menjelaskankan prinsip perubahan suhu pada termomeeter
PG
9




Siswa dapat menyebutkan Kelebihan raksa jika digunakan untuk mengisi tabung termometer
PG
10




Siswa dapat menentukan rentang skala pada termometer klinis
PG
11




Siswa dapat menentukan perubahan skala pada thermometer klinis
PG
12




Siswa dapat menentukan suhu badan seseorang jika diukur dengan Thermometer Fahrenheit, Rheamur dan Kelvin
ESSAY
47

1.3 Melakukan pengukuran dasar secara teliti dengan menggunakan alat ukur yang sesuai dan sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari
VII/I
Menggunakan alat ukur
Siswa dapat menentukan kriteria alat ukur yang baik
PG
13




Siswa dapat menentukan Kesalahan dalam pengukuran yang disebabkan oleh skala alat ukur yang tidak sama
PG
14




Disajikan gambar, siswa dapat menentukan Alat ukur yang digunakan untuk mengukur massa dan volume balok
PG
15




Siswa dapat menentukan hasil pengukuran massa benda yang ditunjukkan  neraca ohaus
PG
16




Disajikan gambar, siswa dapat menunjukkan prosedur pengukuran volume benda tak beraturan.
PG
17




Siswa dapat membaca Stop watch dengan benar
PG
18




Siswa dapat menentukan jumlah kubus kecil yang diperlukan untuk mengisi kubus besar supaya penuh
ESSAY
48
19
2.1  Mengelompokkan sifat larutan asam, larutan basa, dan larutan garam melalui alat dan indikator yang tepat
VII/I
Sifat asam, basa dan garam
siswa dapat mengidentifikasi sifat larutan asam
PG
19




siswa dapat menentukan jenis asam yang terkandung dalam zat
PG
20




siswa dapat memberi contoh garam dalam kehidupan sehari-hari
PG
21




siswa dapat mengidentifikasi indicator alami
PG
22




Disajikan table, siswa dapat mengidentifikasi sifat larutan dengan menggunakan kertas lakmus
PG
23




Siswa dapat menyebutkan contoh kegunaan reaksi penetralan bagi manusia
PG
24




Siswa dapat menjelaskan pH larutan
PG
25




Siswa dapat menentukan jenis warna kertas lakmus bila dimasukkan dalam larutan
PG
26

2.2 Melakukan percobaan sederhana dengan bahan-bahan yang diperoleh dalam kehidupan sehari-hari.
VII/I
Percobaan Asam,basa, garam
Mengidentifikasi larutan yang bersifat basa
PG
27




Menganalisis suatu kasus peristiwa netralisasi larutan yang bersifat asam dengan larutan yang bersifat basa
PG
28




Mengidentifikasi bahan makanan yang mengandung larutan yang bersifat asam
PG
29




Menganalisis/mengidentifikasi hasil percobaan larutan yang bersifat basa dengan menggunakan indikator alami
PG
30




Menganalisis hasil percobaan identifikasi larutan menggunakan indicator buatan /kertas lakmus
PG
31




Menganalisis hasil percobaan identifikasi larutan menggunakan indicator buatan /kertas lakmus
PG
32




Menganalisis hasil percobaan identifikasi larutan menggunakan
indicator buatan /kertas lakmus
PG
33

2.3 Menjelaskan nama unsur dan rumus kimia sederhana
VII/I
Unsur
Siswa dapat menyebutkan lambing unsur emas, kalsium dan karbon
PG
34




Siswa dapat menyebutkan contoh-contoh kelompok unsur
PG
35




Siswa dapat menentukan unsur – unsur penyusunnya
         Melalui reaksi kimia
PG
36




Disajikan data, siswa dapat menyebutkan kelompok molekul unsur
PG
37




Disajikan data, siswa dapat menyebutkan kelompok campuran
PG
38




Siswa dapat menyebutkan contoh kelompok campuran homogen
PG
39




Siswa dapat menyebutkan jumlah dan nama atom yang ada pada zat
ESSAY
49

2.4 Membandingkan sifat unsur, senyawa, dan campuran
VII/I
Senyawa dan campuran
Siswa dapat menyebutkan contoh unsur
PG
40




Siswa dapat menyebutkan Lambang unsur  tembaga dan nitrogen
PG
41




Disajikan data, siswa dapat menyebutkan sifat-sifat  senyawa
PG
42




Siswa dapat mendefinisikan lambang H2O dan NH3
PG
43




Siswa dapat menyebutkan contoh yang termasuk campuran homogen
PG
44




Siswa dapat menyebutkan kelompok unsur-unsur logam
PG
45




Siswa dapat menybutkan tiga perbedaan antara senyawa dan campuran
ESSAY
50



KISI-KISI SOAL IPA
UJIAN TENGAH SEMESTER I
KELAS VIII TH PELAJARAN 2013-2014


Sekolah                       : SMP                                                        Alokasi Waktu            : 120 Menit
Mata pelajaran             : IPA                                                      Jumlah Soal                 :  50 Butir
Kurikulum                   : KTSP                                   Penyusun                     : TIM MGMP IPA SMP
                                                                                                    


No
Kompetensi Dasar
Bahan
Kelas/smt
Materi/
Pokok Bahasan
Indikator Soal
Bentuk Tes
No. Soal


1
1.1  Menganalisis pentingnya pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup
VIII/1
Pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup
Disajikan data/stimulus, siswa dapat mengidentifikasi faktor yang mempengaruhi pertumbuhan tumbuhan


PG
1


2



Disajikan stimulus, siswa dapat menyebutkan hormon pada tumbuhan berdasarkan fungsinya
PG
2


3



Disajikan skema, siswa dapat menyebutkan urutan proses metagenesis pada tumbuhan paku
PG
3


4



Disajikan data, siswa dapat mengelompokkan hewan yang mengalami metamorfosis tidak sempurna
PG
4


5



Disajikan stimulus, siswa dapat menyebutkan tahapan perkembangan embrio hewan
PG
5


6
1.2  Mendeskripsikan tahapan perkembangan manusia


Pertumbuhan dan perkembangan manusia
Disajikan gambar, siswa dapat menyebutkan fungsi bagian organ reproduksi perempuan.
PG
6



1.3  Mendeskripsikan sistem gerak pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan

Sietem Gerak pada hewan
Disajikan bernagai contoh tulang, siswa dapat mengelompokkan tulang berdasarkan bentuk
PG
7






Disajikan bermacam-macam jenis tulang, siswa dapat menyebutkan beberapa tulang yang tterdapat pada tulang tengkorak 
PG
8






Disajikan ciri-ciri otot , siswa dapat menyebutkan ciri-ciri otot dengan benar
PG
9






Disajikan gambar tulang pada kaki, siswa dapat menentukan jenis persendian pada lutut
PG
10






Disajikan bermacam-macam persambungan antar tulang,Siswa dapat menentukan sendi peluru
PG
11






Disajikan berbagai macam kelainan tulang belakang, siswa dapat menentukan kelainan tulang belakang lordosis
PG
12






1.      Menyebutkan fungsi sistem pencernaan manusia melalui gambar
PG
13

2.      Menjelaskan  uji kualitas makanan
PG
14

3.      Menjelaskan  enzim-enzim yang berperan pada proses pencernaan
PG
15

4.      Menyebutkan fungsi lemak dalam tubuh
PG
16

5.      Menyebutkan urutan saluran pencernaan manusia
PG
17

6.      Menyebutkan gangguan pada saluran pencernaan
PG
18

1.
1.5 Mendeskripsikan sistem pernapasan pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan.

Sistem pernapasan pada manusia
Siswa dapat menyebutkan organ penyusun sistem pernapasan manusia
PG
19

Siswa dapat menunjukkan organ sistem pernapasan pada gambar
PG
20

Siswa dapat mengetahui proses inspirasi dan ekspirasi
PG
21

Siswa dapat membedakan proses inspirasi dan ekspirasi
PG
22

Siswa dapat menyebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi frekuensi pernapasan
PG
23

Siswa dapat mengetahui hasil dari percobaan respirasi
PG
24

Siswa dapat menyebutkan macam-macam penyakit yang terjadi pada sistem pernapasan
PG
25

Siswa dapat menyebutkan akibat dari penyakit sistem pernapasan
PG
26

1.6  Mendeskripsikan sistem peredaran darah pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan


Sistem peredaran darah pada manusia
Membandingkan macam organ penyusun sistem peredaran darah pada manusia
PG
27,
28
Menjelaskan fungsi jantung, fungsi pembuluh darah dan darah dalam sistem peredaran darah
PG
29
 30
 31
Mendata contoh penyakit yang berhubungan dengan sistem peredaran darah yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari
PG



32
33


2.1 Mengidentifikasi struktur dan fungsi jaringan  tumbuhan
2.2 Mendeskripsikan proses perolehan nutrisi dan transformasi energi pada tumbuhan hijau



Disajikan gambar penampang melintang akar, siswa dapat menyebutkan fungsi bagian-bagian akar
Disajikan gambar enampang melintang batang tumbuhan dikotil, siswa dapat menyebutkan fungsi jaringan pada batang
Disajikan gambar penampang melintang irisan daun, siswa dapat menunjukkan klorofil


Siswa dapat menunjukkan jaringan pengangkut pada batang

Siswa  dapat menuliskan reaksi kimia fotosintesis

Disajikan perangkat percobaan Sach, siswa dapat menjelaskan tujuan dari tahap-tahap percobaan

Disajikan perangkat  percobaan Ingenhouse, siswa dapat menyebutkan gas yang dihasilkan dari percobaan tersebut
PG

PG





PG
PG


PG

PG
34

35

36



37

38

39

40



2.3 Mengidentifikasi macam-macam gerak pada tumbuhan
2.4  Mengidentifikasi hama dan penyakit pada organ tumbuhan yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari


Disajikan gambar, siswa dapat menunjukkan gerak tropisme
Disajikan data, siswa dapat menyebutkan contoh gerak nasti
Disajikan gambar, siswa dapat menyebutkan contoh gerak tropisme
Siswa dapat mendefinisikan penyakit pada tanaman
Siswa dapat menyebutkan jenis penyakit pada tanaman
PG
PG
PG

PG
PG
41
42
43

44
45



1
1.2  Mendeskripsikan tahapan perkembangan manusia

Pertumbuhan dan perkembangan manusia
Siswa dapat menyebutkan ciri-ciri pubertas pada laki-laki dan perempuan
Essay
46

1.3  Mendeskripsikan sistem gerak pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan
Sistem Gerak pada manusia
Siswa dapat menjelaskan beberapa kelainan pada sistem gerak pada manusia
Essay
47

1.4  Mendeskrip-sikan sistem percernaan pada manusia dan hubungan-nya dengan kesehatan
Sistem Pencernaan pada manusia
Siswa dapat menyebutkan enzim-enzim yang dihasilkan oleh lambung beserta fungsinya
Essay
48

1.6  Mendeskripsikan sistem peredaran darah pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan
Sistem Perdaran Darah pada Manusia
Siswa dapat menyebutkan macam-macam gangguan atau penyakit yang berhhubungan dengan system peredaran darah pada manusia
Essay
49

2.2 Mendeskripsikan proses perolehan nutrisi dan transformasi energi pada tumbuhan hijau
Fotosintesis
Siswa dapat menyebutkan factor-faktor yang mempengaruhi proses berlangsungnya fotosintesis
Essay
50

KISI – KISI SOAL UJIAN TENGAH SEMESTER I
TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014


Jenis Sekolah             :  SMP                                                                  Alokasi Waktu            : 120 Menit
Mata Pelajaran          :  IPA ( Ilmu Pengetahuan Alam )                           Jumlah Soal                 : 50 Soal
Kurikulum                 :  Standar Isi 2006 ( KTSP )                                  Penulis                       : Tim Kelas 9

No
Kompetensi Dasar
Bahan
Kelas/ Smt
Materi/
Pokok Bahasan
Indikator soal
Bentuk
soal
No
Soal
1
Mendeskripsikan sistem ekskresi pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan
IX / I
Sistem ekskresi pada manusia
Siswa mampu menjelaskan fungsi system ekskresi pada manusia.
PG
1
2
Mendeskripsikan sistem ekskresi pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan
IX / I
Sistem ekskresi pada manusia
Disajikan gambar, siswa mampu menunjukkan tempat berlangsungnya proses ekskresi.
PG
2
3
Mendeskripsikan sistem ekskresi pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan
IX / I
Sistem ekskresi pada manusia
Siswa mampu menjelaskan urutan proses ekskresi
PG
3
4
Mendeskripsikan sistem ekskresi pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan
IX / I
Sistem ekskresi pada manusia
Siswa mampu menjelaskan fungsi salah satu alat ekskresi pada manusia
PG
4
5
Mendeskripsikan sistem ekskresi pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan
IX / I
Sistem ekskresi pada manusia
Siswa mampu menunjukkan alat ekskresi dan zat yang dihasilkan
PG
5
6
Mendeskripsikan sistem ekskresi pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan
IX / I
Sistem ekskresi pada manusia
Siswa mampu menjelaskan penyebab salah satu penyakit pada alat ekskresi manusia
PG
6
7
Mendeskripsikan sistem reproduksi dan penyakit yang berhubungan dengan sistem reproduksi pada manusia.
IX / I
Sistem reproduksi  pada manusia

Disajikan gambar alat reproduksi wanita, peserta didik dapk menunjukkan tempat terjadinya pembuahan.
PG
7
8
Mendeskripsikan sistem reproduksi dan penyakit yang berhubungan dengan sistem reproduksi pada manusia.
IX / I
Sistem reproduksi  pada manusia

Peserta didik dapat menyebutkan secara urut saluran reproduksi pada pria
PG
8
9
Mendeskripsikan sistem reproduksi dan penyakit yang berhubungan dengan sistem reproduksi pada manusia.
IX / I
Sistem reproduksi  pada manusia

Peserta didik dapat menyebutkan peristiwa bila seorang wanita  sudah tidak produktif lagi dan ditandai tidak mengalami menstruasi
PG
9
10
Mendeskripsikan sistem reproduksi dan penyakit yang berhubungan dengan sistem reproduksi pada manusia.
IX / I
Sistem reproduksi  pada manusia

Peserta didik dapat menyebutkan tempat terjadinya pembuahan
PG
10
11
Mendeskripsikan sistem reproduksi dan penyakit yang berhubungan dengan sistem reproduksi pada manusia.
IX / I
Sistem reproduksi  pada manusia

Peserta didik dapat menyebutkan alat reproduksi pria yang berfungsi dalam pematangan sperma
PG
11
12
Mendeskripsikan sistem reproduksi dan penyakit yang berhubungan dengan sistem reproduksi pada manusia.
IX / I
Sistem reproduksi  pada manusia

Peserta didik dapat menyebutkan PMS yang disebabkan oleh virus
PG
12
13
Mendeskripsikan sistem koordinasi dan alat indera pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan
IX / I
Sistem koordinasi dan alat indera pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan
Membandingkan bentuk/bangun bagian organ dan/atau organ penyusun sistem syaraf pada manusia
PG
13
14
Mendeskripsikan sistem koordinasi dan alat indera pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan
IX / I
Sistem koordinasi dan alat indera pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan
Ditunjukkan gambar bagian saraf, siswa dapat menunjukkan bagian akson
PG
14
15
Mendeskripsikan sistem koordinasi dan alat indera pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan
IX / I
Sistem koordinasi dan alat indera pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan
Ditunjukkan gambar bagian otak, siswa dapat menentukan fungsi pusat penglihatan
PG
15
16
Mendeskripsikan sistem koordinasi dan alat indera pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan
IX / I
Sistem koordinasi dan alat indera pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan
Siswa dapat menentukan fungsi hormone pengatur kadar gula dalam darah
PG
16
17
Mendeskripsikan sistem koordinasi dan alat indera pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan
IX / I
Sistem koordinasi dan alat indera pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan
Siswa dapat menetukan frekuensi getaran yang dapat di dengar oleh manusia
PG
17
18
Mendeskripsikan sistem koordinasi dan alat indera pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan
IX / I
Sistem koordinasi dan alat indera pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan
Siswa dapat menyebutkan urutan perjalanan gerak biasa
PG
18
19
Mengidentifikasi  kelangsungan hidup melalui adaptasi
IX / I
Kelangsungan Hidup Organisme
Disajikan beberapa pertanyaan tentang cirri tumbuhan, siswa dapat menentukan cirri tumbuhan higrofit
PG
19
20
Mengidentifikasi  kelangsungan hidup melalui adaptasi
IX / I
Kelangsungan Hidup Organisme
Disajikan gambar salah satu bentuk paruh burung, siswa dapat menentukan jenis makanan yang sesuai
PG
20
21
Mengidentifikasi  kelangsungan hidup melalui adaptasi
IX / I
Kelangsungan Hidup Organisme
Disajikan gambar salah satu beberapa bentuk kaki burung, siswa dapat menentukan jenis makanan yang sesuaikaki burung yang berfungsi memegang mangsanya
PG
21
22
Mengidentifikasi  kelangsungan hidup melalui adaptasi
IX / I
Kelangsungan Hidup Organisme
Siswa dapat menentukan cara adaptasi ikan yang hidup pada daerah yang berkadar garam tinggi.
PG
22
23
Mengidentifikasi  kelangsungan hidup melalui adaptasi
IX / I
Kelangsungan Hidup Organisme
Siswa dapat meyebutkan contoh adaptasi tingkah laku
PG
23
24
Mengidentifikasi  kelangsungan hidup melalui adaptasi
IX / I
Kelangsungan Hidup Organisme
Mendiskripsikan hubungan tingkat reproduksi dengan pelestarian
PG
24
25
Mengidentifikasi  kelangsungan hidup melalui adaptasi
IX / I
Kelangsungan Hidup Organisme
Siswa dapat menjelaskan peran perkembangbiakan bagi kelangsungan hidup
PG
25
26
Mengidentifikasi  kelangsungan hidup melalui adaptasi
IX / I
Kelangsungan Hidup Organisme
Siswa dapat mengidentifikasi perbedaan perkembangbiakan vegetatif dengan generatif
PG
26
27
Mendeskripsikan konsep pewarisan sifat pada makhluk hidup
IX / I
Kelangsungan Hidup Organisme
Di sajikan data , cara perkembangbiakan  pada makhluk hidup, siswa dapat menentukan perkembangbiakan vegetatif

PG
27
28
Mendeskripsikan konsep pewarisan sifat pada makhluk hidup
IX / I
Kelangsungan Hidup Organisme
Disajikan data perkembangbiakan generative dan vegetative, siswa dapat menentukan perkembangbiakan vegetatif
PG
28
29
Mendeskripsikan konsep pewarisan sifat pada makhluk hidup
IX / I
Kelangsungan Hidup Organisme
Siswa dapat menjelaskan pewarisan sifat pada makhluk hidup
PG
29
30
Mendeskripsikan konsep pewarisan sifat pada makhluk hidup
IX / I
Kelangsungan Hidup Organisme
Di sajikan gambar , siswa dapat menunjukkan gambar  pembelahan sel
PG
30
31
Mendeskripsikan konsep pewarisan sifat pada makhluk hidup
IX / I
Kelangsungan Hidup Organisme
Di sajikan gambar , siswa dapat menunjukkan gambar  pembelahan sel

PG
31
32
Mendeskripsikan konsep pewarisan sifat pada makhluk hidup
IX / I
Kelangsungan Hidup Organisme
Siswa dapat menyebutkan contoh organisme dan cara perkembangbiakan makhluk hidup
PG
32
33
Mendeskripsikan konsep pewarisan sifat pada makhluk hidup
IX / I
Kelangsungan Hidup Organisme
Siswa  dapat  membandingkan  cara perkembangbiakan  generative pada makhluk hidup
PG
33
34
Mendeskripsikan proses pewarisan dan hasil pewarisan sifat dan penerapannya
IX / 1
Pewarisan Sifat
siswa dapat menentukan hasil persilangan yang sama dengan induk
PG
34
35
Mendeskripsikan proses pewarisan dan hasil pewarisan sifat dan penerapannya
IX / 1
Pewarisan Sifat
siswa dapat menentukan perbandingan/persentase genotip/fenotip filial dari hasil persilangan intermediet

PG
35
36
Mendeskripsikan proses pewarisan dan hasil pewarisan sifat dan penerapannya
IX / 1
Pewarisan Sifat
siswa dapat menentukan perbandingan Fenotip filial dari hasil persilangan dihibrid
PG
36
37
Mendeskripsikan proses pewarisan dan hasil pewarisan sifat dan penerapannya
IX / 1
Pewarisan Sifat
siswa dapat menentukan perbandingan/persentase genotip/fenotip filial dari hasil persilangan dihibrid dominasi penuh.

PG
37
38
Mendeskripsikan proses pewarisan dan hasil pewarisan sifat dan penerapannya
IX / 1
Pewarisan Sifat
siswa dapat menentukan jenis persilangan berdasarkan perbandingan fenotif yang dihasilkan
PG
38
39
Mendeskripsikan proses pewarisan dan hasil pewarisan sifat dan penerapannya
IX / 1
Pewarisan Sifat
siswa dapat menentukan fenotif yang sama dari hasil persilangan dihibrid dominasi penuh
PG
39
40
Mendriskripsikan penerapan bioteknologi dalam mendukung kelangsungan hidup manusia melalui produksi pangan
IX / I
Bioteknologi
Mendata contoh produk pangan hasil bioteknologi, siswa dapat memberi contoh makanan dan minuman hasil bioteknologi  

PG
40
41
Mendriskripsikan penerapan bioteknologi dalam mendukung kelangsungan hidup manusia melalui produksi pangan
IX / I
Bioteknologi
Disajikan data contoh produk pangan hasil bioteknologi, siswa dapat menentukan produk biotegnologi

PG
41
42
Mendriskripsikan penerapan bioteknologi dalam mendukung kelangsungan hidup manusia melalui produksi pangan
IX / I
Bioteknologi
Disajikan table produk bioteknologi, siswa dapat melengkapi data produk bioteknologi
PG
42
43
Mendriskripsikan penerapan bioteknologi dalam mendukung kelangsungan hidup manusia melalui produksi pangan
IX / I
Bioteknologi
Siswa dapat mengidentifikasi manfaat dan bahaya yang diakibatkan dari penerapan bioteknologi pangan..
PG
43
44
Mendriskripsikan penerapan bioteknologi dalam mendukung kelangsungan hidup manusia melalui produksi pangan
IX / I
Bioteknologi
Siswa dapat mengidentifikasi manfaat dan bahaya yang diakibatkan dari penerapan bioteknologi pangan..
PG
44
45
Mendriskripsikan penerapan bioteknologi dalam mendukung kelangsungan hidup manusia melalui produksi pangan
IX / I
Bioteknologi
Disajikan data penerapan bioteknologi, siswa dapat menentukan dampak negative bioteknologi
PG
45
46
Mendeskripsikan system ekskresi pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan
IX / I
Sistem ekskresi pada manusia
Siswa mampu menyebutkan fungsi salah satu alat ekskresi
ESSAY
46
47
Mendeskripsikan sistem reproduksi dan penyakit yang berhubungan dengan sistem reproduksi pada manusia.
IX / I
Sistem reproduksi  pada manusia

Peserta didik dapat menjelaskan perbedaan kembar identik dengan kembar fraternal
ESSAY
47
48
Mendeskripsikan sistem koordinasi dan alat indera pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan
IX / I
Sistem koordinasi dan alat indera pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan

ESSAY
48
49
Mendeskripsikan proses pewarisan dan hasil pewarisan sifat dan penerapannya
IX / 1
Pewarisan Sifat
siswa dapat membuat diagram persilangan dan menentukan prosentase hasil persilangan monohybrid dominasi penuh
ESSAY
49
50
Mendriskripsikan penerapan bioteknologi dalam mendukung kelangsungan hidup manusia melalui produksi pangan
IX / I
Bioteknologi
Mengidentifikasi manfaat dan bahaya yang diakibatkan dari penerapan bioteknologi pangan
ESSAY
50