Senin, 06 Mei 2013

KISI-KISI SOAL IPA UKK TP 2012/2013


KISI-KISI SOAL UJIAN KENAIKAN KELAS 7
TAHUN PELAJARAN 2012/2013


NO
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
NO SOAL
1.
3.4  Mendeskripsikan peran kalor dalam mengubah wujud zat dan suhu suatu benda serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

1.    Diberikan pernyataan, siswa dapat menyebutkan bentuk energy yang berpindah karena perubahan suhu.
2.    Diberikan soal mengenai kalor, siswa dapat menghitung besarnya kalor yang diperlukan untuk menaikkan suhu zat
3.    Diberikan soal, siswa dapat menentukan suhu akhir campuran zat tersebut.
4.    Di berikan skema perubahan wujud, siswa dapat menunjukkan peran kalor dalam perubahan wujud zat.
5.    Diberikan gambar perpindahan kalor, siswa menentukan jenis perpindahan kalor tersebut.
6.    Diberikan soal mengenai kalor, siswa dapat menghitung suhu akhir suatu benda

1


2


3

4


5

46
2.
4.1  Membandingkan sifat fisika dan sifat kimia zat

1.    Diberikan pernyataan sifat-sifat zat, siswa dapat mengidentifikasi sifat kimia suatu zat
2.    Diberikan data hasil pengamatan suatu benda, siswa dapat menyimpulkan tentang sifat fisika benda tersebut.

6

7
3.
4.2  Menyimpulkan perubahan fisika dan kimia berdasarkan hasil percobaan sederhana

1.    Siswa dapat memberikan contoh peristiwa perubahan fisika dalam kehidupan sehari-hari
2.    Siswa dapat menyebutkan faktor-faktor penyebab perubahan kimia dan contohnya
8

47
4.
4.3  Mengidentifikasi terjadinya reaksi kimia melalui percobaan sederhana

1.    Siswa dapat memberikan contoh reaksi kimia dalam kehidupan sehari-hari
2.    Diberikan gejala perubahan suatu materi, siswa dapat menentukan cirri reaksi kimia.
9

10
5.

4.4  Melakukan pemisahan campuran dengan berbagai cara berdasarkan sifat fisika dan sifat kimia

1.    Siswa dapat memberi contoh pemisahan campuran dengan penyubliman
2.    Diberikan data suatu campuran, siswa dapat menyebutkan campuran yang dapat dipisahkan dengan menyaring.
3.    Diberikan campuran suatu zat, siswa dapat menentukan cara pemisahan campuran tersebut.
4.    Siswa dapat menyebutkan syarat air bersih .
5.    Siswa dapat menjelaskan fungsi desinfektan pada proses penjernihan air

11

12


13

14
15
6.
4.5 menganalisis percobaan gerak lurus beraturan dan gerak lurus berubah beraturan serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
1.  siswa dapat menyebutkan  pengertian mengenai gerak
2.  Siswa dapat menyebutkan pengertian konsep GLB

3.  Siswa dapat menentukan grafik hubungan kecepatan terhadap waktu pada GLB
4.  Diberikan soal, siswa dapat menghitung kecepatan gerak suatu benda.
5.  Diberikan pernyataan, siswa dapat memberikan contoh gerak lurus berubah beraturan .
6.  Diberikan konsep GLBB, siswa dapat menentukan jenis gerak yang ditimbulkan
7.  diberika soal, siswa dapat menghitung percepatan suatu benda.
8.  diberikan soal , siswa dapat menghitung besarnya waktu oleh benda yang bergerak lurus beraturan
16

17


18

19

20

21

22

48
1
6.1 Mendeskripsikan keanekaragaman pada system Organisasi
Disajikan gambar, siswa dapat menunjukkan jaringan pada hewan..
23

       Kehidupan mulai tingkat sel sampai organisme
Disajikan tabel, siswa dapat menunjukkan perbedaan antara sel hewan dan sel tumbuhan.
24


Siswa dapat menunjukkan fungsi jaringan pada daun
25


Siswa dapat menentukan fungsi bagian sel
26





7.1 Menentukan ekosistem  dan saling hubungan antara komponen ekosistem
Disajikan pernyataan siswa dapat menentukan komponen penyusun ekosistem
27


Disajikan gambar,siswa dapat menentukan organisme auotrof
28


Disajikan gambar jaring jaring makanan,siswa dapat menentukan pengaruh dalam ekosistem
29


Siswa dapat menghitunh kepadatan populasi dalam suatu ekosistem
30


Siswa dapat menentukan hubungan interaksi dalam ekosistem
31

7.2 Mengindentifi-kasikan pentingnya keanekaragaman makhluk hidup dalam pelestarian ekosistem




Disajikan data ,siswa data menentukan jenis mahluk hidup yang langka
32


Siswa dapat menjelaskan usaha kelestarian mahluk hidup
33


Siswa dapat menyebutkan tindakan manusia yang mengganggu keseimbanagan alam
34


Disajikan pernyataan tentang cara pengolahan sumber daya alam berwawasan lingkungan
35





7.3. Memprediksi pengaruh kepadatan populasi manusia terhadap lingkungan




Siswa dapat menjelaskan pengaruh peningkatan populasi penduduk dengan ketersediaan air bersih
36


Di sajikan grafik hubungan populasi dengan kebutuhan pangan
37


Siswa dapat menyebutkan akibat keterbatasan lahan terhadap populasi penduduk
38


Di sajikan pernyataan ,siswa dapat menentukan pengaruh populasi penduduk terhadap
39


kerusakan lingkungan.






7.4 Mengaplikasikan peran manusia dalam pengelolaan lingkungan untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan








Siswa dapat menyebutkan pengertian polutan
40


Siswa dapat menentukan polutan yang menimbulkan pencemaran udara
41


Disajikan data,siswa dapat menentukan limbah yang dapat menyebabkan pencemaran tanah
42


Siswa dapat menyebutkan usaha dalam penyelamatan hutan .
43


Disajikan data siswa dapat menentukan ciri ciri air bersih
44


Disajikan tabel,siswa dapat memasangkan polutan dan jenis pencemarannya.
45





7.4 Mengaplikasikan peran manusia dalam pengelolaan lingkungan untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan
Siswa dapat menyebutkan usaha usaha yang dapat mengurangi pencemaran udara
49






Siswa dapat menyebutkan usaha untuk menanggulangi pencemaran tanah
50

KISI-KISI SOAL UJIAN KENAIKAN KELAS 8
TAHUN PELAJARAN 2012/2013
NO
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR SOAL
No. Soal
1
6.1  Mendeskripsikan konsep getaran dan gelombang serta parameter-parameternya.
Disajikan gambar / stimulus, siswa dapat menyebutkan urutan ayunan getaran pada bandul sederhana
1
2

Disajikan gambar / stimulus, siswa dapat menyebutkan urutan amplitudo getaran pada bandul sederhana
2
3

Disajikan suatu peristiwa, siswa dapat menyebutkan faktor yang mempengaruhi getaran
3
4

Disajikan data, siswa dapat menentukan salah satu parameter dalam persamaan periode dan frekuensi.
Jika data yang diperlukan diketahui.
4
5

Disajikan data, siswa dapat menentukan salah satu parameter dalam persamaan periode dan frekuensi.
Jika data yang diperlukan diketahui.
5
6

Disajikan data/stimulus, siswa dapat menentukan frekuensi/periode dari getaran pegas.
Jika data yang diperlukan diketahui.
6
7

Disajikan suatu peristiwa, siswa dapat mengidentifikasi gejala yang berhubungan dengan gelombang.
 faktor yang mempengaruhi getaran
7
8

Disajikan data / stimulus, siswa dapat mengelompokkan gelombang berdasarkan medium perambatannya.
8
9

Disajikan data stimulus, siswa dapat menentukan salah satu parameter dalam persamaan frekuensi dan periode gelombang.
Jika data yang diperlukan diketahui.
9
10

Disajikan data / stimulus, siswa dapat menentukan salah satu parameter dalam persamaan kecepatan rambat gelombang, frekuensi dan periode.
Jika data yang diperlukan diketahui.
10
11

Disajikan suatu peristiwa, siswa dapat menyebutkan faktor yang mempengaruhi cepat rambat gelombang
11
12

Disajikan data / stimulus, siswa dapat menentukan salah satu parameter dalam persamaan kecepatan rambat gelombang, frekuensi dan periode.
Jika data yang diperlukan diketahui.
12
13

Disajikan data / stimulus, siswa dapat menentukan salah satu parameter dalam persamaan kecepatan rambat gelombang, frekuensi dan periode.
Jika data yang diperlukan diketahui.
13
No
Kompetensi Dasar
Indikator Soal
No. Soal
14
6.1Mendeskripsikan konsep getaran dan gelombang serta parameter-parameternya.
Disajikan gambar / stimulus, siswa dapat menentukan salah satu parameter dalam persamaan kecepatan rambat gelombang, frekuensi dan periode.
Jika data yang diperlukan diketahui.
46
NO
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR SOAL
No. Soal
15
Menyelidiki sifat-sifat cahaya dan hubungannya dengan berbagai bentuk cermin dan lensa
Mendeskripsikan proses pembentukan dan sifat bayangan pada cermin datar
14
16

Mendeskripsikan proses pembentukan dan sifat bayangan pada lensa cekung
15
17

Mendeskripsikan proses pembentukan dan sifat bayangan pada cermin cekung
16
18

Mendeskripsikan pemantulan cahaya
17
19

Mendeskripsikan proses pembentukan dan sifat bayangan pada lensa cembung
18
20
Mendeskripsikan alat-alat optik dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
Menjelaskan cara kerja beberapa produk tehnologi yang relevan seperti   mikroskop
19
21

Menjelaskan konsep lup sebagai alat optik
20
22

Menjelaskan beberapa cacat mata dan penggunaan kaca mata
21
23

siswa dapat menjelaskan sifat pemantulan sempurna
22
No
Kompetensi Dasar
Indikator Soal
No. Soal
24
 Menyelidiki sifat-sifat cahaya dan hubungannya dengan berbagai bentuk cermin dan  lensa
siswa dapat menjelaskan sifat pembentukan bayangan pada cermin cembung
47
25
Mendeskripsikan alat-alat optik dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
Menjelaskan beberapa cacat mata dan penggunaan kaca mata
48
No
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
NO SOAL

3.1.  Mengidentifikasi struktur dan   fungsi jaringan  tumubhan

·     Disajikan gambar penampang melintang batang tumbuhan dikotil, siswa dapat menentukan nama jaringan  ditunjuk
·      
23


·     Siswa dapat menentukan fungsi rambut akar pada tumbuhan
24
·     Siswa dapat menyebutkan perbedaan tumbuhan monokotil dan dikotil
50
29

30

3.2  Mendeskripsikan proses perolehan nutrisi dan transformasi energi pada tumbuhan hijau

·       Disajikan gambar  percobaan fotosintesis siswa dapat mengidentifikasi hasil percobaan tersebut
·       Siswa dapat menentukan reaksi fotosintesis
                                                                       
25

26

31
32
3.3. Mengidentifikasi macam-macam gerak pada tumbuhan

·     Disajikan data tentang gerak tumbuhan siswa dapat mengidentifikasi gerak tropisme
·       Disajikan data gerak pada tumbuhan siswa dapat  dapat menjelaskan penyebab gerak tersebut
27
28
33

34
3.4. Mengidentifikasi  hama dan penyakit pada organ  tumbuhan yang dijumpai  dalam kehidupan sehari-hari.
                                
·    Siswa dapat menentukan penyebab penyakit pada organ tumbuhan
·    Disajikan data cara pemberantasan hama siswa dapat menentukan pemberantasan hama secara biologi 
29

30
35

36

37
4.1. Mencari informasi tentang kegunaan dan efek samping bahan kimia dalam kehidupan sehari-hari
·    Disajikan gambar kemasan bahan  kimia rumah tangga siswa dapat menentukan  bahan kimia yang terdapat didalamnya
·    Siswa dapat menentukan bahan kimia yang terdapat dalam pembersih
·    Siswa dapat  menentukan bahan kimia yang digunakan sebagai pembasmi serangga
31

32
33

38

39
 Mencari informasi tentang kegunaan dan efek samping bahan kimia dalam kehidupan sehari-hari.
Disajikan gambar, siswa dapat mengidentifikasi manfaat  bahan kimia sehari-hari

Disajikan pernyataan , siswa dapat menjelaskan efek samping bahan kimia  sehari –sehari

34

35

40


41

42
43
Mendiskripsikan bahan kimia alami danbahan kimia buatan dalam kemasan yang terdapat dalam bahan makanan

Disajikan data, siswa dapat mengidentifikasi bahan kimia alami / sintetis pada makanan.

Disajikan pernyataan , siswa dapat menjelaskan pengaruh zat aditif terhadap kesehatan.
Disajikan data, siswa dapat menyebutkan manfaat zat aditif.
Disajikan pernyataan , siswa dapat mengidentifikasi jenis  zat aditif.
36


37

38
39

44

45

46


47
Mendiskripsikan sifat / pengaruh zat adiktif dan psikotropika
Disajikan data, siswa dapat mengidentifikasi cirri-ciri pengaruh zat adiktif .

Disajikan Pernyataan, siswa dapat mengidentifikasi jenis zat adiktif.

Disajikan pernyataan  siswa dapat mengidentifikasi cirri-ciri fisik  pengaruh zat adiktif.

Disajikan data , siswa dapat menentukan jenis zat adiktif tertentu.

40

41

42


43


48


49


Menghindari diri dari pengaruh zat adiktif dan psikotropika.



Disajikan pernyataan, siswa dapat menyebutkan pengaruh negative terhadap zat adiktif

Disajikan pernyataan  siswa dapat menyebutkan upaya pencegahan terhadap zat adiktif.
44



45

50
Mendiskripsikan sifat / pengaruh zat adiktif dan psikotropika.


Siswa dapat menjelaskan  efek samping penggunaan  narkotika

49